Systematic Literature Review: Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Jenjang Pendidikan

Kunthy Ley Leana, Abdillah Khofial Luthfi, Abdillah Khofial Luthfi

Abstract


Siswa yang memiliki self-regulated learning dapat mengatur dirinya dalam belajar, sehingga dapat mencari penyelesaian dalam memecahkan masalah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji secara literatur pengaruh self-regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan jenjang pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Systematic Literature Riview (SLR) dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan Studi pustaka dan dokumentasi yang bersumber dari artikel yang terkait dengan self-regulated learning dan Kemaampuan pemecahan masalah matematika siswa. Perolehan literatur ditemukan sebanyak 2993 literatur pada aplikasi Publish or Perish dengan database yang digunakan adalah google scholar, crossref, dan semantic scholar.  Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses) diperoleh 3 artikel yang mewakili tiap jenjang pendidikan. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara self-regulated learning dalam meningkatkan kemampuan pemcahan masalah matematika siswa. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa di setiap jenjang pendidikan juga memiliki perbedaan masing- masing berdasarkan self-regulated learning.


Full Text:

PDF

References


Af-idah, N. Z., & Suhendar, U. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori APOS Saat Diterapkan Program Belajar Dari Rumah. 4(2).

Azizah, Maimunah , & Roza, Y. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Peluang Berdasarkan Self-Redulated Learning (Slr). Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 23-31.

Cheng, E.C.K. 2011. The Role Of Self-Regulated Learning In Enhancing Learning Performance. The International. Journal Of Research And Riview. Vol. 6 No. 1.

Depdiknas. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Handican, R., Darwata, S. R., Ananda, A., & Mukhaiyar, M. (2022). Self-regulated learning: does it affect mathematics learning outcomes?. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 9(2), 234-245.

Handican, R., & Gunawan, R. G. (2022). Systematic Literature Review: Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Terhadap Gaya Belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 577-588.

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Hendriana, H., Rohaeti, E. E & Sumarmo, U. (2017.). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.

Hidayati, N., Anisah, N. K., Syarif, N. R., & Shanti, W. N. (2018). Pembelajaran lidimatika untuk meningkatkan kemampuan siswa sd dalam operasi perkalian. 5(1), 55–63. http://jurnal.uns.ac.id/jpm

Kamelia, S., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif-Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self- Regulated Learning Siswa. In Journal for Research in Mathematics Learning) p (Vol. 3, Issue 4).

Marchis, I. (2011.). How Mathematics Teachers Develop Their Pupils’ Self-Regulated Learning Skills. Http://Dppd.Ubbcluj.Ro/Adn/Article_4_2-3_2.Pdf

Pransisca, M. A., & Gazali, M. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Regulatif Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika Parenting. Jurnal Ilmiah Global Education, 10-16.

Rodliyah, S. A., Abidin , Z., & Syaifuddin. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Pada Materi Aritmatika Sosial Peserta Didik Kelas Vii Smpn 5 Karangploso. JP3,.

Sepriyanti, N. (2016). Pembelajaran Kalkulus Kontekstual Suatu Modifikasi Model. PT Raja Grafindo Persada.

Sulistiyani, D., Yenita, R., & Maimunah. 2020. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 11(1): 1-12. Diakses dari http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/9638/0

Utami, N. P., Eliza, R., & Warahma, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Regulated Learning dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.

Zaidah, A., Hidayatulloh, A., & Rasyidi, M. (2022). Article history : Keywords : Jurnal Ilmiah Global Education, 2(2), 171.

Zamnah, L. N. (2019). Hubungan antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis denagn SelfEfficacy. Universitas Galuh, 7(2).




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i2.15919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats