Kerjasama Tutor dan Pengelola Dalam Melakukan Pencapaian Akreditasi A Pada PKBM Pelita Bulakan Kabupaten Serang

Jakiyah Jakiyah, Suroya Azfa Ni'mah, Suroya Azfa Ni'mah, Aura Purnamaya Putri, Aura Purnamaya Putri, Ila Rosmilawati, Ila Rosmilawati

Abstract


Kerjasama antara tutor dan pengelola memiliki peran penting dalam mencapai akreditasi A pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pelita Bulakan. Pencapaian akreditasi tersebut menunjukkan bahwa PKBM telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan, yang mencakup 8 standar mutu pendidikan seperti standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana saran dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan pendidikan dan standar penilaian pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi kerjasama antara tutor dan pengelola dalam mencapai Akreditasi A di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pelita Bulakan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama yang efektif antara tutor dan pengelola memainkan peran penting dalam pencapaian akreditasi. Ketercapaian standar mutu pendidikan di PKBM Pelita Bulakan menjadikan bahwa 8 standar mutu pendidikan tercapai dan terlaksana dengan baik. Temuan ini memberikan wawasan tentang pentingnya kolaborasi yang sinergis dalam upaya meningkatkan standar pendidikan di PKBM, serta memberikan rekomendasi praktis bagi PKBM lain yang ingin meraih akreditasi tinggi. Penelitian ini juga menekankan perlunya strategi berkelanjutan dalam memelihara kualitas pendidikan melalui kerjasama yang berkesinambungan antara seluruh pihak terkait di PKBM.


Full Text:

PDF

References


Darmawan, D., & Rosmilawati, I. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Pada Program Paket C di Lembaga PKBM Negeri 21 Tebet Timur Jakarta. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(1).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Febrianti, R., Wadin, W., & Pradikto, B. (2020). ANALISIS KESIAPAN PKBM DALAM MENGHADAPI AKREDITASI BERBASIS SISPENA 2.0 DI KABUPATEN REJANG LEBONG. Jurnal Pembelajaran Sepanjang Hayat , 3 (2), 88–99. https://doi.org/10.33369/joll.3.2.88-99

Rosmilawati, I., Meilya, I. R., & Darmawan, D. (2020). Kompetensi Tutor Satuan Pendidikan Nonformal dalam Penerapan Model Pembelajaran Reflektif. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 114-122.

Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., & Islamiati, S. H. D. & Fasa, MI (2021). Metode penelitian kualitatif.

Puspito, GW, Swandari, T., & Rokhman, M. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Pendidikan Non Formal. Jurnal Belajar Mengajar Chalim , 1 (1), 85-98.

Sauri, S., & Hanafiah, H. (2022). Manajemen Penilaian Kinerja Guru (PKG) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2099-2104.

Sukmana, C. (2024). ANALISIS MUTU SATUAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM).

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2022). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125-131.

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i2.15918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats