LEGO (PUZZLE BINGO) GAMES: MEDIA EDUKATIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM MEWUJUDKAN GENERASI INDONESIA EMAS

Muhammad Yusuf Abdullah, Widya Hastuti, Karmila A

Abstract


Fenomena degradasi moral sampai saat ini masih menjadi isu yang mengemuka di masyarakat. Berbagai tindakan kriminal bahkan maraknya tindak korupsi dengan mudah dijumpai baik melalui tayangan televisi ataupun media lain. Karakter seperti ini sangat perlu untuk ditindak lanjuti, tentunya melalui penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. Pada hakikatnya, penyelenggaraan pendidikan karakter menjadi hal yang mutlak dilakukan di jenjang pendidikan manapun, khususnya jenjang pendidikan dasar. Hal ini sangat beralasan karena pendidikan dasar adalah pondasi utama bagi tumbuh kembang generasi muda Indonesia. Di usia belia, siswa identik dengan dunia bermain. Sehingga media yang cocok adalah media yang mengandung unsur permainan. Sejalan dengan hal tersebut, Lego (Puzzle Bingo) Games merupakan media yang efektif digunakan dalam mengajarkan nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah dasar. Dalam penerapannya, siswa tidak hanya bermain namun terdapat juga unsur pendidikan yang menjadi fokus utama. Lego (Puzzle Bingo) Games tercipta dari perpaduan puzzle dan bingo yang diaplikasikan secara berkelompok. Media pembelajaran Lego (Puzzle Bingo) Games diciptakan dengan maksud agar siswa mudah mengaplikasikan dan membiasakan diri menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter, yang pada hakikatnya berimplikasi pada pembentukan kepribadian siswa. Jenis tulisan yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kepustakaan. Data yang ada diperoleh dari data sekunder. Selanjutnya, data-data yang telah terkumpul dianalisis dan diolah. Dimulai dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.

Kata Kunci: Lego (Puzzle Bingo) Games, Media Edukatif, Pendidikan Karakter


Full Text:

PDF

References


Alfajar, Lukman Hakim. 2014. Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Sosrowijayan. http://erints.uny.ac.id/. Diakses pada Tanggal 12 April 2014.

Anonim. 2013. Pengertian Manfaat Jenis dan Pemilihan. http://www.asikbelajar.com/. Diakses pada Tanggal 14 April 2014.

Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Erlangga.

Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No. 2. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wahyu. 2011. Masalah dan Usaha Membangun Karakter Bangsa. http://journal.unnes.ac.id/. Diakses pada Tanggal 12 April 2014.

Yudhinata, Guntur. 2014. Siswa Tertangkap Razia Bolos Sekolah. http://surabayanews.co.id/. Diakses pada Tanggal 13 April 2014.

Zuchdi, Darmiyati. 2011. Pengembangan Model Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar. http:// eprints.uny.ac.id. Diakses pada tanggal 11 April 2014.

Zulnuraini. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep, Implementasi, dan Pengembangannya di Sekolah Dasar di Kota Palu. Jurnal DIKDAS. Volume 1 (1): 5.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v2i1.145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats