Analisis Hasil Belajar dalam Penggunaan Quizizz pada Pembelajaran Bahasa Inggris
Abstract
Quizizz merupakan salah satu platform yang memungkinkan siswa mengevaluasi pembelajaran mereka dengan cara yang interaktif ketika menjawab soal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis hasil belajar dalam penggunaan Quizizz pada pembelajaran Bahasa Inggris. Jenis penelitian ini kualitatif, dengan metode deskriptif. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas XI MIPA I SMAN 6 Maros, dengan 17 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data berupa wawancara. Hasil dan pembahasan diatas mengenai analisis hasil belajar dalam penggunaan Quizizz pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas XI Mipa I SMAN 6 Maros bahwa dalam penerapan Quizizz dapat menumbuhkan motivasi dan minat siswa yang memiliki hubungan pada hasil belajar siswa. Penggunaan Quizizz dalam pembelajaran menjadikan proses belajar yang menyenangkan. Kendala yang dialami yaitu kuota internet yang sering berubah-ubah. Dan berdasarkan data nilai yang dipaparkan maka terdapat peningkatan hasil belajar dalam penggunaan Quizizz dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Full Text:
PDFReferences
Abubakar, Rifa’i. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Suka-Press Uin Sunan Kalijaga, 2021.
Ainia, Dela Khoirul. Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia. Vol.3, No. 3. (2020):
https://ejournal.undiksha.ac.id/in dex.php/JFI/article/view/24525/ 16362.
Akram, Nurindah & Nasir.. Pelatihan pengembangan Bahan Ajar Multimedia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di desa Anrihua Kab. Bulukumba. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia. Vol. 2 No.1. (2022): 224.
https://doi.org/10.54082/jamsi.2 10.
Citra, Cahyani Amildah dan Rosy, Brillian. Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 2.
(2020): 262.
https://journal.unesa.ac.id/index. php/jpap .
Fitriyeni dan Kurniawati, Wahyu. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Untuk Penilaian Pembelajaran. Jurnal Pendidi kan Guru Sekolah dasar.
Volume 11 Nomor 3. (2022):
:
http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip
.v11i3.8947.
Huda, Hisbulloh. Pembelajaran Melalui Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Belajar Di Kelas VIII B Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran IPA MTSN 4 Jombang Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia. Vol. 2. (2022): 335.
https://doi.org/10.32670/ht.v2iS pecial%20Issue%202.1296.
Nurhadianti, dkk. Implementasi Aplikasi Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Mataram. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran. Vol. 3 No. 2.
(2023): 393.
http://ejournal.baleliterasi.org/in dex.php/alinea.
Nurindah & Kasman. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 10. No. 1. (2021): 2..
https://doi.org/10.34005/akadem ika.v10i01.1311.
Rahmawati, Dhian Nuri, dkk. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan MI/SD. Vol. 2 No. 1. (2022): 58.
https://doi.org/10.35878/guru/v2
.i1.335.
Rusdiana. Penggunaan Media Quizizz dalam Upaya Peningkatan Hasil
Belajar PAI Pada Siswa Kelas VI SDN 4 Ampah. Jurnal Palangka Raya International and National Conference OnIslamic Studies. Volume 1, Nomor 1.
(2021): 570.
https://docplayer.info/23685591 2-Penggunaan-media-quizizz- dalam-upaya-peningkatan-hasil- belajar-pai-pada-siswa-kelas-vi- sdn-4-ampah.html.
Salsabila, Unik Hanifah, dkk. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi. Volume 4 Nomor 2. (2020): 165. https://online- journal.unja.ac.id/JIITUJ/article/ view/11605.
Swasti, Ni Made. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Aplikasi Quizizz. Jurnal Inovasi. Vol 8 No 9.
(2020): 88-89.
https://jurnalinovasi.org/.
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i1.14427
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats