SQ GARDEN STREET CHILD SEBAGAI UPAYA PENANAMAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK JALANAN DI KOTA MAKASSAR

Yulianti Yulianti, Sitti Hajar, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Ajaran islam bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah sehingga pemeluknya dapat mengetahui hal yang seharusnya dikerjakan, tetapi berdasarkan realita yang terjadi banyak penyimpangan yang dilakukan oleh pemeluknya seperti oleh anak jalanan. Anak jalanan merupakan salah satu permasalahan yang memerlukan perhatian yang sangat besar. Kurangnya pemberdayaan anak jalanan tersebut membuat anak jalanan di kota Makassar semakin bertambah begitupun dengan angka kriminalitas yang terjadi, hal ini di karenakan pergaulan yang tidak sehat pada lingkungan anak. SQ Garden street Child adalah taman kecerdasan spiritual anak jalanan yang didalamnya anak jalanan akan diajarkan tentang ilmu keagamaan dengan menggunakan pendekatan emosional, sehingga adanya SQ Garden street Child akan mempengaruhi perkembangan karakter anak jalanan khususnya di kota Makassar dan diharapkan anak jalanan sebagai generasi muda islam kebanggaan bangsa dalam kehidupannya selalu dilandasi dengan karakter akhlakul karimah.

Kata Kunci: Anak jalanan, Akhlakul Karimah, dan SQ Garden Street Child


Full Text:

PDF

References


Dinas Sosial Provinsi Jatim. 2009. Penyebab Keberadaan Anak Jalanan. Surabaya.

Departemen Sosial RI. 2001. Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Anak Jalanan

Departemen Sosial RI. 2003. Himpunan Peraturan Perundang-undangan Bidang Kesejahteraan Sosial Buku 2 Biro Kepegawaian dan Hukum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Faza, A.M. 2010. IQ, EQ, SQ dan Kaitannya dengan Wahyu. http://www.academia.edu/2583855/IQ_EQ_SQ_dan_Kaitannya_dengan_Wahyu. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2014.

Halim, M. Nipan Abdul. 2000. Menghias Diri dengan Akhlak Terpuji. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Mappong, S. 2013. 100 Titik Potensi Penyebaran Anak Jalanan Makassar. http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/46229/profil-antara, Dikutip 10 Agustus 2014.

Nata, Abudin. 1997. Akhlak Tasawuf, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Roughton, R. 2004. The 8TH Habit. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v2i1.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats