KARTU ISLAMI BERBASIS BUDAYA LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT PADA ANAK SEKOLAH DASAR
Abstract
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa. Salah satu jenjang pendidikan formal yang paling berperan dalam hal pengembangan karakter bangsa adalah sekolah dasar (SD). Anak sekolah dasar dikatakan sebagai masa bahagia karena masa tersebut digunakan lebih banyak dengan bermain. Permainan penting untuk perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam permainan terdapat berbagai masalah yang menuntut anak untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Kartu islami merupakan permainan kartu yang dimainkan oleh siswa sekolah dasar dengan jumlah pemain 4 hingga 5 orang yang bertujuan untuk mengenalkan anak mengenai islam dan budaya lokal sejak dini. Kartu Islami sebagai media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual pada anak sekolah dasar melalui pengetahuan agama dan pengenalan budaya dalam media kartu.
Kata Kunci: Anak Sekolah Dasar, Kartu Islami, Budaya Lokal dan Emotional Spiritual Quotiont (ESQ)
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Y. 2006. Studi Islam Kontemporer. Jakarta: Penerbit Sinar Grafika
Agustian, A, G. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ). Jakarta Penerbit Arga Wijaya Persada
Alder, H. 2001. Boost Your Intelligence: Pacu EQ dan IQ Anda. Jakarta: Penerbit Erlangga
Al-Hafizh, M. 2012. Pengertian Budaya dan Kebudayaan. www.referensimakalah.com/2012/11/pengertian-budaya- dan-kebudayaan.html. Diakses pada tanggal 18 Januari 2015 pukul 16.57 WITA
Ares, I. 2014. Angka Kekerasan Anak di Indonesia Meningkat. www.lampost.com, Diakses 17 Januari 2015
Berlian, Nur VA. 2012. Identifikasi Faktor-faktor Budaya Lokal yang Memengaruhi Capaian Kinerja Pembangunan. Jurnal Kebudayaan 7(2): 2. http://www.balittra.litbang.deptan.go.id. Diakses pada tanggal 17 Januari 2015 pukul 12.45 WITA
Dunia Psikologi. 2011. Kecerdasan Emosional Pengertian, Definisi dan Unsur-Unsurnya. www.duniapsikologi.com. Diakses pada tanggal 15 Januari 2015 pukul 20.19 WITA
Levi, N. 2012. Pentingnya EQ (Kecerdasan Emosional) bagi Masa Depan Anak. http://edukasikompasiana.com. Diakses pada tanggal 17 Januari 2015 pukul 06.26 WITA
Monty dan Fidelis. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Penerbit Pustaka Populer Obor
Prasetijo, Adi. 2009. Keragaman Budaya Indonesia. http://etnobudaya.net. Diakses pada tanggal 18 Januari 2015 Pukul 15.21 WITA
Sam’ani. 2008. Penerapan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan, Vol. 8 No. 1, April 2008, Hal 31
Suryabrata, S. 2000. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Yayang, R. 2013. Pengertian Kecerdasan Spiritual IQ, EQ, SQ, dan ESQ. http://yayangrahman.wordpress.com. Diakses pada tanggal 18 Januari 2015 pukul 07.51 WITA
Yuberti, Y. 2012. Penggunaan Media Kartu Bilangan dalam Pembelajaran Matematika Kelas II SDN 05 Temu. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pontianak.
Yuwanto, Endro. 2010. Seluruh SD Indonesia Harus Memiliki Perpustakaan. http://www.republika.co.id. Diakses pada tanggal 15 Januari 2015 pukul 07.15 WITA
Zohar, D dan Marshal, I. 2001. SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spritual dalam Berfikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Bandung
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v2i1.139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 JURNAL PENA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats