KARTU ISLAMI BERBASIS BUDAYA LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Hasnih Hasnih, Kartika Kartika, Amanda Juanda

Abstract


Pendidikan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa. Salah satu jenjang pendidikan formal yang paling berperan dalam hal pengembangan karakter bangsa adalah sekolah dasar (SD).  Anak sekolah dasar dikatakan sebagai masa bahagia karena masa tersebut digunakan lebih banyak dengan bermain. Permainan penting untuk perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam permainan terdapat berbagai masalah yang menuntut anak untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Kartu islami merupakan permainan kartu yang dimainkan oleh siswa sekolah dasar dengan jumlah pemain 4 hingga 5 orang yang bertujuan untuk mengenalkan anak mengenai islam dan budaya lokal sejak dini. Kartu Islami sebagai media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual pada anak sekolah dasar melalui pengetahuan agama dan pengenalan budaya dalam media kartu.

Kata Kunci: Anak Sekolah Dasar, Kartu Islami, Budaya Lokal dan Emotional Spiritual Quotiont (ESQ)


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Y. 2006. Studi Islam Kontemporer. Jakarta: Penerbit Sinar Grafika

Agustian, A, G. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ). Jakarta Penerbit Arga Wijaya Persada

Alder, H. 2001. Boost Your Intelligence: Pacu EQ dan IQ Anda. Jakarta: Penerbit Erlangga

Al-Hafizh, M. 2012. Pengertian Budaya dan Kebudayaan. www.referensimakalah.com/2012/11/pengertian-budaya- dan-kebudayaan.html. Diakses pada tanggal 18 Januari 2015 pukul 16.57 WITA

Ares, I. 2014. Angka Kekerasan Anak di Indonesia Meningkat. www.lampost.com, Diakses 17 Januari 2015

Berlian, Nur VA. 2012. Identifikasi Faktor-faktor Budaya Lokal yang Memengaruhi Capaian Kinerja Pembangunan. Jurnal Kebudayaan 7(2): 2. http://www.balittra.litbang.deptan.go.id. Diakses pada tanggal 17 Januari 2015 pukul 12.45 WITA

Dunia Psikologi. 2011. Kecerdasan Emosional Pengertian, Definisi dan Unsur-Unsurnya. www.duniapsikologi.com. Diakses pada tanggal 15 Januari 2015 pukul 20.19 WITA

Levi, N. 2012. Pentingnya EQ (Kecerdasan Emosional) bagi Masa Depan Anak. http://edukasikompasiana.com. Diakses pada tanggal 17 Januari 2015 pukul 06.26 WITA

Monty dan Fidelis. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Penerbit Pustaka Populer Obor

Prasetijo, Adi. 2009. Keragaman Budaya Indonesia. http://etnobudaya.net. Diakses pada tanggal 18 Januari 2015 Pukul 15.21 WITA

Sam’ani. 2008. Penerapan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan, Vol. 8 No. 1, April 2008, Hal 31

Suryabrata, S. 2000. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Yayang, R. 2013. Pengertian Kecerdasan Spiritual IQ, EQ, SQ, dan ESQ. http://yayangrahman.wordpress.com. Diakses pada tanggal 18 Januari 2015 pukul 07.51 WITA

Yuberti, Y. 2012. Penggunaan Media Kartu Bilangan dalam Pembelajaran Matematika Kelas II SDN 05 Temu. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pontianak.

Yuwanto, Endro. 2010. Seluruh SD Indonesia Harus Memiliki Perpustakaan. http://www.republika.co.id. Diakses pada tanggal 15 Januari 2015 pukul 07.15 WITA

Zohar, D dan Marshal, I. 2001. SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spritual dalam Berfikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Bandung




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v2i1.139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats