PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 TURATEA KABUPATEN JENEPONTO
Abstract
Metode Eksperimen adalah cara penyajian pelajaran di mana siswa melakukan suatu percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya, serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan ke kelas dan dievaluasi oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan menggunakan metode eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan metode eksperimen dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah kelasXI IPA1 yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 30 item dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi oleh dua orang validator. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan metode eksperiman mengalami peningkatan dari sebelum diberikan perlakuan sampai setelah diberi perlakuan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Turatea Kabupaten Jeneponto pada pretest yang mendapat kategori sangat rendah terdapat 1 peserta didik, kategori rendah terdapat 12 peserta didik, kategori sedang terdapat 13 peserta didik, kategori tinggi terdapat 1 peserta didik dan kategori sangat tinggi terdapat 0 peserta didik. Sedangkan pada posttest yang mendapat kategori sangat rendah terdapat 0 peserta didik, kategori rendah terdapat 3 peserta didik, kategori sedang terdapat 10 peserta didik, kategori tinggi terdapat 13 peserta didik dan kategori sangat tinggi terdapat 1 peserta didik. Hasil analisis inferensial dengan analisis N-Gain menunjukkan bahwa hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Turatea Kabupaten Jeneponto telah mengalami peningkatan yang berada pada kaegori sedang.
Kata Kunci :Hasil Belajar, Metode Eksperimen, Pra Ekperimen
Full Text:
PDFReferences
Dwik. (2013). Astaga, RI Peringkat ke 64 untuk Pendidikan. Diakses pada 7 Desember 2015 dari http://www.unitomo.ac.id.
Mayangsari, D., dan Nuriman, A. (2014). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator SDN Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi, 1 (1): 27-31.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v4i2.1385
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats