PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KONSEP DAUR HIDUP MAKHLUK HIDUP MURID KELAS IV SDN NOMOR 25 PANAIKANG KECAMATAN BISAPPU KABUPATEN BANTAENG

Widya Hastuti

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM, hal ini ditemukan peneliti saat melakukan observasi awal di SDN No. 25 Panaikang kelas IV pada mata pelajaran IPA. Sehingga penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SDN N0. 25 Panaikang Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng dengan menggunakan media puzzle pada saat proses belajar mengajar berlangsung.Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimendengan model one grouppre test-post test yaitu hanya melibatkan satu kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media puzzlepada Siswa Kelas VI SDN No. 25 Panaikang Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 22 orang. Penelitian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan dengan interval waktu 2 minggu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan pretest (tanpa menggunakan media), terdapat 14 siswa atau sebesar 63,64 % yang berada pada kategori tidak tuntas dan 8 orang siswa atau 36,36 % yang mengalami ketuntasan. Adapun rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa saat pretest hanya mencapai 60. Secara klasikal belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sedangkan pada kegiatan posttest dengan menggunakan mediapuzzle, terdapat 21 orang siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dengan rata-rata nilai 88,95. Hal ini menandakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah diberikan perlakuan (treatment). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan mediapuzzlememberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA.

 

Kata Kunci :Hasil Belajar, IPA, Media Puzzle


Full Text:

PDF

References


Nugrahani, R. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v4i1.1371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats