PENGARUH OTONOMI PENDIDIKAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU SMA UNISMUH MAKASSAR
Abstract
Perubahan kebijakan pendidikan dari sentralisasi menjadi desentralisasi yang berpusat di pemerintahan kota dan Kabupaten. Perubahan arah kebijakan inilah yang secara langsung juga berimplikasi pada produk nyata dari pelaksanaan reformasi di bidang pendidikan. Otonomi pendidikan sebagai konsekuensi dan hasil reformasi telah menjadi komitmen politik sejak otonomi daerah diberlakukan Otonomi pendidikan memang diyakini sebagai modal dasar untuk terselenggaranya pendidikan berkualitas. Otonomi pendidikan juga diyakini dapat menghadapi tantangan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Melalui otonomi pendidikan akan terbangun sistem pendidikan yang kokoh di daerah; demokratisasi pendidikan berjalan dengan partisipasi nyata dan luas dari masyarakat, memupuk kemandirian, mempercepat pelayanan, dan potensi sumberdaya lokal di daerah dapat didayagunakan secara optimal untuk suatu kemajuan pendidikan sehingga dirumuskan maslah bahwa Apakahotonomi pendidikan berpengaruh terhadap peningkatan mutu SMA Unismuh Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian kualitatif. Dengan sampel sebanyak 33 orang dengan spesifikasi kepala sekolah, guru, staff, dan siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar yang secara konseptual telah diakui kepala sekolah bahwa SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar pada tahun 2016 telah meraih prestasi dengan gelar Akreditasi A. dengan persiapan berkas sampai pada pengadaan beberapa sarana dan prasarana penunjang serta pengawasan terhadap kinerja tenaga pendidik dan kependidikan. Analisis kelulusan standar yang digunakan sekolah adalah mengikuti ujian teori dan praktek, standar KKM untuk semua mata pelajaran adalah nilai 75 serta rata-rata ujian sekolah 7,50 dan ujian nasional 5,50 dengan program jurusan untuk kelas XI dan XII adalah IPA dan IPS. Berdasalkan hasil penelitian yang dilakukan dapat simpulkan bahwa dengan adanya otonomi pendidikan mampu memingkatkan kualitas sekolah secara khusus dan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan secara umum karena masing-masing daerah dan sekolah lebih keatif untuk mengembangkan program sekolah sebagai penunjang peningkatan mutu.
Kata Kunci :Otonomi Pendidikan, Peningkatan Mutu Sekolah
Full Text:
PDFReferences
Depdikbud. (2001). Standar Nasional Pendidikan. Diakses dari http://helpdesk.dikmen.kemdikbud.go.id/.
Amijoyo, R. (2001). Sistem Pendidikan dan Problematika Pendidikan di Indonesia. Diakses dari http://sistempendidikannegarakita.beritaTV.co.id/.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v4i1.1370
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats