PEMBERDAYAAN PEMUDA PESISIR MELALUI TAMPARANG HOUSE BERBASIS 3E (EDUCATION, ENVIRONMENT, ENTREPRENEUR) MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA

Julifa Julifa, Goestina Goestina, Hasnih Hasnih

Abstract


Bangsa Indonesia sebagai negara teritorial laut terluas di dunia dan memiliki potensi kelautan yang luar biasa. Potensi kelautan Indonesia di dalamnya dapat golongkan menjadi 4 kelompok sumber daya kelautan yaitu renewable resourses, nonrenewable resourse, OTEC (Ocean Thermal Energy Convertion), dan environmental service. Dengan modal potensi kelautan yang kita miliki tersebut tidak salah jika ini digunakan sebagai tumpuan pembangunan ekonomi. Namun masyarakat pesisir belum mampu mengelolah sumber daya kelautan dengan baik ini disebabkan karena rendahnya tingkat pendidikan dan pengetahuan masyarakat pesisir sehingga keterampilan yang di miliki penduduk pesisir terbatas. Sehingga dibutuhkan pelatihan dan pendidikan, pengolahan lingkungan (environment) dan menumbuhkan jiwa entrepreneur pada masyarakat pesisir. Berdasarkan permasalahan tersebut Maka dari itu penulis menawarkan sebuah solusi untuk peningkatan pendidikan dan keterampilan masyarakat pesisir dengan judul Pemberdayaan Pemuda Pesisir Melalui Tamparang House Berbasis 3E (Education, Envronment, Entrepreneur) Menuju Masyarakat Sejahtera. Dengan ini masyarakat mampu mengelola perairan laut disamping keterampilan dan pelatihan masyarakat pesisir akan manajemen perikanan, pengolahan hasil tangkap dan teknologi kelautan serta pelestarian laut pesisir yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat itu sendiri

Kata Kunci: Pemberdayaan Pemuda Pesisir, Tamparang House dan 3E (Education, Environment, Entrepreneur).


Full Text:

PDF

References


BPS, 2012. Data Statistika. www.bps.go.id. Diakses pada tanggal 16 November 2014.

Dahuri. 2010. Pembangunan ekonomi maritim. https://dahuri.wordpress.com. Diakses pada tanggal 15 November 2014.

Gredler, 2011. Learning And Instruction: Teori Dan Aplikasi, Jakarta: Kencana

Nurfitria, Pipiet. 2012. Pendidikan Kewirausahaan Perspektif Psikologi Behaviorisme dalam Membentuk Jiwa Entrepreneur Pada Siswa SMK Negeri 1 Cirebon. Thesis. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Sari, Maya. 2014. Entrepreneur terhadap Kinerja UKM di Kota Medan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Vol 14 No. 1. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sipahelut, M. 2010. Analisis Pemberdayaan Masyarakat Nelayan di Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara. Tesis. Bogor: Institute Pertanian.

Suharto E, 2005, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Kajian Strategi Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Romimohtarto & Juwana. 2001. Penelitian bidang kelautan. digilib.unimed.ac.id. Diakses pada tanggal 20 Februari.

UU Sisdiknas. 2003. Dasar Konsep Pendidikan Moral. ALFABETA




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v2i1.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats