PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS IV DI UPT SPF SD INPRES ANDI TONRO KOTA MAKASSAR

Ghina Aulia

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar keterampilan menulis puisi Kelas IV Di UPT SPF SD Inpres Andi Tonro Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar keterampilan menulis puisi Kelas IV di UPT SPF SD Inpres Andi Tonro Kota Makassar.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar keterampilan menulis puisi Kelas IV Di UPT SPF SD Inpres Andi Tonro Kota Makassar. Sampel pada penelitian ini sebanyak 20 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa pre-test dan  post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif dan analisis data inferensial.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar keterampilan menulis puisi dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Inpres Andi Tonro Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat pretest hasil belajar peserta didik yaitu 10% Tuntas, sedangkan Post-test hasil belajar siswa 100% Tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menandakan bahwa penelitian penerapan metode problem solving ini dapat meningkatkan hasil belajar keterampilaan menulis pada peserta didik kelas IV di UPT SPF SD Inpres Andi Tonro Kota Makassar.


Full Text:

PDF

References


Andriani, R., dan Rasto, R. 2019. Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran

Bungsu, T.K., Vilardi, M., Akbar, P., dan Bernard, M. 2019. Pengaruh Kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di SMK 1 Cihampelas. Jurnal on education, 1(2), 382-389

Didik, Z. S. D. P. P., Baru di Tingkat, S. M. A., & Karanganyar, D. D. K. C. K. Anonim. 2020. Pengertian Pendidikan Menurut Ahli. SMK Negeri 1 Perhentian Raja.(online) dari http://www. smkn1perhentianraja. sch. id/read/5/pengertian-pendidikan-menurut-ahli Badan Pusat Statistik. 2018. Kabupaten Boyolali Dalam Angka. Boyolali: BPS

Dirman, R. (2022). Analisis Struktur Puisi Dalam Kumpulan Puisi “Aku Ini Binatang Jalang” Karya Chairil Anwar. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(11), 1635-1646.

Djafar, C. (2020). Kajian Diksi Dan Gaya Bahasa Metafora Pada Puisi Ininawa Karya Lakon Sang Kelana Modies Palopo. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 3(2), 1-7.

Haeriah, H., & Syarifuddin, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Menggunakan Langkah-langkah IDEAL. Empiricism Journal, 3(1), 42-57.

Hanafi, A. N., Septiwi, E., & Noviyanti, S. (2022). Penerapan Metode Pakem Pada Pembelajaran Peserta didik Sekolah Dasar di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 278-282.

Hartono, A. B. (2022). Penggunaan Metode Pembelajaran Simulasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Tema Bumiku di Kelas VI SDN 168/X Pandan Sejahtera. Journal on Education, 4(4), 1239-1246.

Hasan, H. (2022). Penerapan Metode Field Trip dalam Menulis Puisi Siswa Kelas X. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 27-33.

Indri, T. A. (2022). Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Islam, M. H. B. P. A. APRIANI. Pendekatan Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta didik SMP PGRI Sungguminasa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Go1wa di bimbing oleh Abd. Samad T dan Nur Ani Azis) Penelitian ini membahas tentang hasil belajar peserta didik pada mata.

Khaisar, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Muhammad, M. N. A. (2022). Implementasi Pembelajaran Agama Islam Pai Sd Negeri 3 Kutawaringin Kecamatan Adiluih Kabupaten Pringsewu (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Noviati, Y. (2022). Pengembangan Tes Objektif Mata Pelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) Di Kelas IV SDN 101976 Bandar Kuala (Doctoral dissertation, UNIMED).

Reksiana, R. (2019). Diskursus Terminologi Model, Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Alim Journal of Islamic Education, 1(1), 119-156.

Rosyid, M, Z., Masyur, M.IP, S., Abdullah, A. R. 2019. Prestasi belajar. Literasi Nusantara.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. H.147.

Setiani, D. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas Iv Melalui Metode Problem Solving Di Sd Negeri Upt Sarimbuah Kecamatan Gunung Bintang Awai Kabupaten Barito Selatan. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 6(2), 102-116.

Sugiyono, Neraca Pembayaran:konsep, metodologi dan penerapan. Pusat Pendidikan dan studi kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Suwarna, D. (2018). Analisis Ketepatan-Kesalahan Berbahasa Dalam Segala Konsep. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 24(1), 41-48.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga. H.118

Taneo, D. R., & Nomleni, O. (2022). Penerapan Metode Problem Solving secara Online dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2575-2581.

Tangirerung, J. R. (2019). Kerangka Berpikir Calvin Dalam Melihat Hubungan Gereja Dan Negara. KINAA: Jurnal Teologi, 4(2).

Triskawati, T., & Silalahi, B. R. (2021). Pengembangan Media Dokansi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 55-67.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v10i2.12254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats