MEDIA KOMIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD INPRES KANTISANG KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR

Johan Ibrahim

Abstract


Media Komik Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Inpres Kantisang Kecamatan Tamalarea Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Dibimbing oleh H. M. Agus dan Syekh Adiwijaya Latief. Masalah utama dalam penelitian ini adalah kemampuan Literasi siswa kelas III masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan Literasi dengan media Komik pada siswa kelas III SD Inpres Kamtisang Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (class action reaserch) yang terdiri dari dua siklus pada setiap siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah 1) kemampuan literasi dan 2) penggunaan komik di kelas III SD Inpres Kantisang Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 24 orang siswa, dengan rincian 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Setiap daerah memiliki karakter yang merupakan kearifan lokal yang harus dijaga. Sulawesi Selatan sangat kaya dengan nilai-nilai luhur yang merupakan kearifan lokal bagi orang Bugis Makassar disebut sebagai “pappasang” atau “pappaseng”. Nilai-nilai luhur ini telah digunakan oleh leluhur mereka dengan beragam profesinya, ada yang sebagai papparenta (pemerintah), padangkang (pedagang) taumacca (cendekiawan) hingga sampai kepada para passompe (perantau) hingga sampai ke tanah seberang. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 56,67 dan menjadi 84,33 pada siklus II.  Ketuntasan belajar literasi  kelas III SD Inpres Kantisang Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 4 (22,2%) siswa mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 16 (88,9%) siswa mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut tersebut, dapat disimpulkan kemampuan Literasi murid kelas III SD Inpres Kantisang Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar melalui penggunaan Media Komik mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci : Literasi, Media Pembelajaran, Komik, Kearifan Lokal

 


Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Jurnal Lantanida , 4 (1), 35-49.

Aji, W. P., dan Mampouw, H. L. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Aljabar. Prosiding Sendika, 5(1).

Apriani, An Nisa dan Ariyani, Y. D. 2017. “Membangun Budaya Literasi Permulaan bagi Siswa SD Kelas Awal melalui Pop Up Book.”

Damayanti, N. P. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Google Classroom Terhadap Minat Baca Saat Pandemi Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 246-256.

Daulay, M. I. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24-34.

Handayani, G., Adisyahputra, A., & Indrayanti, R. (2018). Correlation between integrated science process skills, and ability to read comprehension to scientific literacy in biology teachers students. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 22-32.

Hanggi, Olovia Herlina. 2016. “Tiga Perubahan Kecil dalam Literasi Sekolah.” Membumikan Gerakan Literasi di Sekolah. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.

Hasriyanti, H. (2021). Pembelajaran Terintegrasi Budaya Lokal Melalui Tradisi Maccera Siwanua. LaGeografia, 19(2), 251-261.

Lutfi, Sumardi, A., Farihen, & Ilmia, G. (2020). Pendampingan Kegiatan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Putra, A., dan Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30-43.

Rahadian, S., dan Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Komik Kerajaan Kanjuruhan Berbasis Online Dalam Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 11(2), 136-145.

Rahmania, S., Miarsyah, M., & Sartono, N. (2015). The difference scientific literacy ability of student having field independent and field dependent cognitive style. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 27-34.

Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rocman. (2017). Scientific literacy of students learned through guided inquiry. International Journal of Research and Review, 4(5), 23-30.

Saleh, A. M., dan Wekke, I. S. Eksistensi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan di Sulawesi Selatan.

Sari, M. Z., Gunawan, A., Fitriyani, Y., & Hilaliyah, N. (2020). Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2),197–205.

Sarifuddin, S. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 2(2), 260-267.

Saskara, I. P. A., dan Dharma, I. W. Y. (2021). Pola Komunikasi Tokoh Adat Hindu Tolotang Dalam Menjalin Kerukunanberagama Suku Bugis Berbasis Kearifan Lokal Di Desa Amparita Kabupaten Sidenreng Rappang Sulawesi Selatan. Communicare, 2(1), 71-80.

Sumardi, A., dan Banowati, S. P. (2020). Meningkatkan Minat Baca Melalui Perpustakaan Mini pada Anak SD di Bekasi Utara. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Suwarti, S., Laila, A., dan Permana, E. P. (2020). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal untuk Menentukan Pesan dalam Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 7(2), 140-151.

Wibowo, A., Sari, YRI, Masruro, A., dan Saputro, GI (2021). Inovasi Komik Akhlak Kearifan Lokal Digital Untuk Melestarikan Budaya Malang. Jurnal Pendidikan Dasar (Jurnal Ke-SD-An) , 1 (1), 21-28.

Yuriza, P. E., Adisyahputra, A., & Sigit, D. V. (2018). Correlation between higher-order thinking skills and level of intelligence with scientific literacy on junior high school students. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 13-21.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v10i2.12251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats