PENGARUH DISTANCE LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS 4 UPT SPF SD INPRES ANDI TONRO KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

Sukma Nurmaula

Abstract


Di era digital saat ini, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 penggunaan
teknologi informasi bukanlah suatu hal yang tabu lagi bagi pendidik maupun
tenaga pendidik di setiap jenjang tingkatan, pembelajaran jarak jauh yang dinilai
dapat mengatasi dan lebih efektif juga harus sesuai dengan aspek-aspek tujuan
pembelajaran. Adapun tujuan di lakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pengaruh distance learning terhadap keterampilan membaca siswa. Jenis
penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pendekatan yangdigunakan pada
penelitian ini adalah korelasi yaitu untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan
dua peubah atau lebih yang digambarkan oleh besarnya koefisien korelasi.
Koefisien korelasi adalah koefisien yang menggambarkan tingkat keeratan
hubungan dua peubah atau lebih. Adapun hasil dari penelitian ini Terdapat
pengaruh yang signifikan pada terhadap keterampilan membaca murid di UPT
SPF SD Inpres Andi Tonro, dimana dalam penelitian ini diperolehnilai rhitung
sebesar 0,6514, sedangkan nilai rtabel dengan 5% sebesar 0,2759. Dengan
demikian hipotesa kerja ( Ha) diterima, artinya “ada pengaruh distance learning
terhadap keterampilan membaca siswa di UPT SPF SD Inpres Andi Tonro
Makassar

Full Text:

PDF

References


Aswat, H.dkk . 2021. Implikasi

Distance Learning di Masa Pandemi

P-ISSN 2355-

E-ISSN 2722-

J

urnal

PENA

Volume 9|Nomor (2)| (

PAGE 83)

COVID 19 terhadap Kecerdasan

Emosional Anak di Sekolah Dasar.

Jurnal basicedu. 5 (2) : 761-771.

Bali, M. M. E. I. 2019. Implementasi

Media Pembelajaran Berbasis

Teknologi Informasi dan Komunikasi

dalam Distance Learning.

Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan

Islam. 3 (1): 29-40.

Cahyani, O. Dkk. 2021.Evaluasi

PembelajaranJarak Jauh Terhadap

Hasil Belajar Mahasiswa Baru Pada

Masa Pandemi Covid-19 (Studi

Kasus pada Mahasiswa Baru Tahun

Akademik 2020/2021 Program Studi

Administrasi Pendidikan, Fakultas

Ilmu Administrasi, Universitas

Brawijaya). Proceeding Umsurabaya.

(1): 298-299.

Farhurohman, O. 2017. Implementasi

Pembelajaran Bahasa Indonesia di

SD/MI.

Primary: Jurnal Keilmuan dan

Kependidikan Dasar. 9 (1): 23-34.

Hatmo, S. H. D. 2021. Dampak

Pandemi Covid-19 Terhadap

Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh

Secara Daring. Scholaria: Jurnal

Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2)

:115-122.

Khair, U. 2018. Pembelajaran Bahasa

Indonesia dan Sastra (BASASTRA)

di SD dan MI. AR-RIAYAH. Jurnal

Pendidikan Dasar. 2 (1): 81-98.

Khair, U. 2018. Pembelajaran Bahasa

Indonesia dan Sastra (BASASTRA)

di SD dan MI. AR-RIAYAH. Jurnal

Pendidikan Dasar. 2 (1): 81-98.

Lovedly, S. 2021.Pengaruh

Penggunaan E-Learning Terhadap

Motivasi Belajar Mahasiswa Selama

Pandemi Covid-19 Tahun 2020.

Jurnal Analisis Manajemen, 7(1) : 1-

Menteri Pendidikan Nasional, 2006.

Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional nomor 22 tahun 2006

tentang system pendidikan dasar dan

menengah 2006. Jakarta: PT Kloang

Klede Putra Timur bekerjasama

dengan Departemen Dalam negeri.

Mulyati, Y. 2014. Hakikat

keterampilan berbahasa.

(https://core.ac.uk/download/pdf/198

pdf, diakses 26 Januari 2022).

Muthmainnah, A. 2021.Pengaruh

gawai terhadap kemandirian belajar

siswa sekolah dasar selama

pembelajaran jarak jauh. Jurnal

Elementary: Kajian Teori dan Hasil

Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar,

(2) :121-124.

Nurrahmawati, S. dan Kurniawan, R.

Y. 2021. Pengaruh Kesiapan

Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap

Hasil Belajar Peserta Didik Selama

Pandemi Covid- 19 Pada Mata

Pelajaran Ekonomi Di SMA.

EDUKATIF: JURNAL ILMU

PENDIDIKAN, 3(4) :1559-1567.

Paida, A. 2021. Peningkatan

Keterampilan Menulis Paragraf

Narasi Melalui Media Animasi

Kartun Pada Siswa Kelas VII Smp

Unismuh Makassar. Jurnal Kajian

Bahasa, Sastra Indonesia, Dan

Pembelajarannya. 1 (1): 32- 41.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. 2020.

Analisa pemanfaatan teknologi

informasi dalam pembelajaran jarak

jauh di tengah pandemi virus corona

covid-19. Journal of Information

System, Applied, Management,

Accounting and Research, 4(2) : 30-

Sa’diyah, N. P., & Rosy, B. 2021.

Pengaruh Pembelajaran Daring

Terhadap Hasil Belajar Pada Masa

Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah

MEA (Manajemen, Ekonomi, &

Akuntansi), 5(2), 552-563.

Slamet, 2008. Dasar-dasar

Keterampilan Berbahasa Indonesia.

Surakarta: UNS Press

Solehan, dkk. 2008. Pendidikan

Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

Jakarta: Universtas Terbuka.

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran

P-ISSN 2355-

E-ISSN 2722-

J

urnal

PENA

Volume 9|Nomor (2)| (

PAGE 83)

literasi dalam mata pelajaran bahasa

indonesia. Paramasastra: Jurnal

Ilmiah Bahasa Sastra dan

Pembelajarannya. 2 (1): 111-123.

Suharso, P. (2009). Metode Penelitian

Kuantitatif Untuk Bisnis. Jakarta: PT.

Malta Pritindo.

Sugiyono. 2015. Memahami penelitian

pendidikan (pendekatan kuantitatif,

kualitatif dan R & D). Penerbit CV.

Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian

Kombinasi (Mixed Methods).

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung, Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian

Kualitatif, Kuantitatif dan R&D.

Cetakan ke-

Alfabeta, Bandung.

Syamsuddin, R. 2021. Keterampilan

Bahasa Indonesia Pendidikan Dasar.

(https://www.researchgate.net/public

ation/351496295, Diakses 26 Januari

Syarif, E. 2012. Keterampilan Dan

Pembelajaran Menulis Bahasa

Indonesia Bahan Ajar Diklat Guru

Bahasa Indonesia Madrasah

Stanawiyah.

(http://seputarbahasaindonesia.blogs

pot.com/2012/01/keterampilan-men

ulis.html, Diakses 26 Januari 2022).

Yuliarti, M. S. 2020. Interaksi Sosial

dalam Masa Krisis: Berkomunikasi

Online Selama Pandemi COVID-19.

Prosiding Nasional Covid-19, 15-20.

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020).

Pengembangan media dan strategi

pembelajaran untuk mengatasi

permasalahan pembelajaran jarak

jauh di pandemi covid-19. JGK

(Jurnal Guru Kita), 4(3), 51




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v10i2.12247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats