UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN MATERI SIFAT-SIFAT TERPUJI MELALUI METODE WORD SQUARE

Ridwanr ridd

Abstract


Kurangnya minat siswa dalam pembelajaran akidah akhlak dengan materi sifat-sifat terpuji. Dari penelitian di atas maka penulis dapat merumuskan masalah dalam skripsi ini sebagai berikut : 1) Bagaimana aktivitas siswa pada materi sifat-sifat terpuji melalui metode word square dikelas VII MTsN 2 Tana Toraja. 2) Bagaimana hasil belajar siswa materi sifat-sifat terpuji melalui metodeword square dikelas VII MTsN 2 Tana Toraja. Tujuan peneltian ini adalah : 1) Untuk mengetahui aktivitas siswa pada materi sifat-sifat terpuji melalui metode word square dikelas VII MTsN 2 Tana Toraja . 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa materi sifat-sifat terpuji melaluimetode word square dikelas VII MTsN 2 Tana Toraja. Peneliti ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 TanaToraja kelas VII yang terdiri dari 23 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Adapun instrument yang digunakan adalah tes tulis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu peneliti menggunakan metode word square sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada materi sifatsifat terpuji. Dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Dimana ratarata kelas meningkat dari awalnya hanya 57,1 di prasiklus, menjadi 75,77 di siklus I dan meningkat menjadi 83,1 pada sikus II.

Full Text:

PDF

References


Alex Sobur, Psikologi Umum,

(bandung: Pustaka Setia,

, hal 180-181.

Alisuf Sabri, Pengantar Psikologi

Umum dan Perkembangan,

(Jakarta Pedoman Ilmu Jaya,

, Hal 111.

Aminuddin, dkk, Pendidikan Agama

Islam Kelas VII, (Jakarta:

Bumu Aksara, 2004), hlm. 53.

Darwan Syah & Supardi. Eneng

Muslihah. Strategi Belajar

Mengajar. (Jakarta: Diadit

Media, 2009). Hal 43.

Hidayatullah, Media Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam,

(Jakarta, Thariqi Press, 2012),

h.2.

I Gak Wardhani & Kuswaya Wihardit,

Penelitian Tindakan Kelas,

(Jakarta: Universitas Terbuka,

, 1.4.

Marno, Pendidikan Agama Islam

untuk kelas VII, (Klaten: CV.

GemaNusa, 2004) hal. 25-26.

ISSN 2355-3766

Jurnal PENA

Volume (10)|Nomor (1)|(Hal.79-89)

Copyright © 2023 LKIM-PENA

http://journal.unismuh.ac.id/

Muhibin Syah, Psikologis Belajar,

(Jakarta: Raja Grafindo

Persada, 2012), Hal 148-151.

Multahim, dkk. Pendidikan Agama

Islam Kelas VII, (Jakarta:

Yudshistira, 2003), Hal 155.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar.

(Yogyakarta, Pustaka Belajar,

. Hal 44

Rochiati Wiriaatmadja, Metode

Penelitian Tindakan Kelas,

(Bandung: PT Remaja

Rosdakarya, 2009), Hal 12-13.

Saptono S, Strategi Belajar Mengajar

Biologi, (Semarang:

Universitas Negeri Semarang,

. Hal 44.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor

yang Mempengaruhinya.

(Jakarta: Rineka Cipta, 2010).

Hal 63.

Syaifullah Bahri Djamarah, Psikologi

Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta,

, Hal 13.

Syaifullah Bahri Djamarah, Psikologi

Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta,

, Hal 180,181 & 189.

Tim Abdi Guru, Ayo Belajar Agama

Islam untuk SMP Kelas VII,

(Jakarta: Yudhistira, 2003),

hlm.104 & 106.

Tim Agama Islam, Agama Islam

Penyejuk Qalbu untuk Kelas 1

SMP, (Jakarta: Yudhistira,

, Hal. 85.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v10i1.10715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats