UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE SIMULASI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTSN 2 TANA TORAJA

Ridwan ridwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pada materi taat dan taubat pada kelas VIII di MTsN 2 Tana Toraja melalui metode simulasi.Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Tana Jl. Poros Makassar-Tator Kel. Salubarani Kec. Gandangbatu Silllanan Kab.Tana Toraja Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul didalam kelas.Penelitian ini menerapkan metode simulasi. Metode simulasi digunakan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aqidah akhlak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa pembelajaran Aqidah Akhlak melalui penerapan metode simulasi mengalami peningkatan hasil belajar. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus atau pertemuan yang telah dilaksanakan.

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi, Abu. 2005. Strategi

Belajar Mengajar.

Bandung: Pustaka Setia

Ahmadi, Iif Khoiru dkk.

Strategi

Pembelajaran

Berorientasi KTSP.

Jakarta: Prestasi Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2009.

Metode Penelitian.

Bandung: Ghalia Indonesia

Armai Arief, Armai. 2002.

Pengantar Ilmu Dan

Metodologi Pendidikan

Islam. Jakarta: Ciputat

Pers

Daradjat, Zakiah dkk. 1996. Ilmu

Pendidikan Islam. Jakarta:

Bumi Aksara Daryanto.

Evaluasi

Pendidikan. Jakarta:

Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri., Aswan

Zain, 2010. Strategi

Belajar Mengajar. Jakarta:

PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011.

Psikologi Belajar. Jakarta:

Rineka Cipta Hamalik,

Oemar. 2006. Proses

Belajar Mengajar.

Bandung: Bumi Aksara.

Hasibuan, J. J. 2010. Proses

Belajar Mengajar.

Bandung: PT. Remaja

Rosda Karya Ilyas,

Yunahar. 1995. Kuliah

Aqidah Islam.

Yogyakarta: Lembaga

Pengkajian dan

Pengamalan Islam.

Moleong, Lexy J. 2005.

Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2007. Kawasan dan

Wawasan Studi Islam.

Jakarta: KencanaNazir,

Moh. 2009. Metode

Penelitian. Bandung:

Ghalia Indonesia.

Purwanto, Ngalim. 1996.

Psikologi Pendidikan.

Jakarta: PT. Remaja Rosda

Karya Peraturan

Perundang-undangan RI

No. 20 Tahun 2003.

Sistem Pendidikan

Nasional . Jakarta: BP.

Panca Usaha Putri.

Rusman. 2011. Model-model

Pembelajaran

Mengembangkan

Profesionalisme Guru.

Jakarta: Rajawaali Pers.

Sabri, Alisuf M. 2007.

Psikologi Pendidikan

Berdasarkan Kurikulum

Nasional. Jakarta:

Pedoman Ilmu Jaya.

Sanjaya,Wina. 2008. Strategi

Pembelajaran

Berorientasi Standar

ProsesPendidikan,

(Jakarta: Kencana.

Tim Penyusun Revisi Pedoman

Penulisan Skripsi Fakultas

Ilmu Tarbiyah dan

Keguruan (FITK).

Pedoman Penulisan

Skripsi. Jakarta: Fakultas

Ilmu Tarbiyah dan

Keguruan.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v10i1.10712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats