PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III UPT SPF SD INPRES MINASA UPA KOTA MAKASSAR

Elsa Pradipta Ayuningsih

Abstract


Masalah utama dalam penelitian yaitu bagaimana gambaran metode pembelajaran Complete Sentence terhadap keterampilan menulis kalimat padamata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Minasa Upa Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran metode pembelajaran Complete Sentence terhadap keterampilan menulis kalimat padamata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Minasa Upa Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Pre Experimental Design) dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas III UPT SPF SD Inpres Minasa Upa Kota Makassar, sampel diambil dengan semua murid kelas III yang berjumlah 16 orang. Setelah menganalisis data, penulis menemukan bahwa pengaruh hasil belajar murid yang dilaksanakan sebelum menggunakan media gambar tergolong rendah yaitu nilai rata-rata hasil pretest 61,87. Selanjutnya nilai rata-rata hasil posttest adalah 83,75. Jadi hasil belajar setelah menggunakan perlakuan lebih baik dari pada sebelum menggunakan perlakuan. Selain itu presentase kategori hasil belajar murid juga meningkat yang mana murid tergolong sangat rendah 0%, rendah 0%, sedang 18,75%, tinggi 75%, sangat tinggi 6,25%

Full Text:

PDF

References


Hertanty, A., Sumiati, T., & Wulan, N. S.

(2021). Pengaruh Metode

Cooperative Learning Tipe

Concept Sentence terhadap

Keterampilan Menulis Karangan

Deskripsi Siswa Sekolah Dasar.

In Renjana Pendidikan:

Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan Dasar.

Huda Miftahul. (2014). Metode-metode

Pengajaran dan Pembelajaran.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017).

Belajar dan pembelajaran.

Fitrah: JurnalKajian Ilmu-Ilmu

Keislaman.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian

Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yulianti, Y., Halidjah, S., & Marli, S.

Pengaruh metode

concept sentence terhadap

keterampilan menulis

karangan deskripsi berbantuan

gambar di sekolah dasar.

Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran Khatulistiwa




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v10i1.10709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats