MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SHOW TELL DENGAN BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MIS MUHAMMADIYAH BUJUNG TANGAYA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jp.v10i1.10705Abstract
Penerimaan pembelajaran tematik pada siswa kelas III MIS Muhammadiyah Bujung Tangaya menunjukkan respon yang rendah terhadap penjelasan, pernyataan dan segala informasi yang disampaikan oleh guru saat pembelajaran berlangsung. Hal tersebut diakibatkan karena kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajara, siswa bermain saat pembelajaran serta kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti memberikan sebuah solusi untuk memilih dan menggunakan model pembelajaran serta peilihan media pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik dengan bantuan media poster. Adapun penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berbasis kelas dengan subjek penelitian adlaah siswa kelas III B MIS Muhammadiyah Bujung Tangaya. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa pemaparan materi tematik dengan menggunakan model saintifik dapat meningkatkan hasil belajar para siswa. Dari tes yang telah terlaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran saintifik menunjukkan hasil akhir dengan skor rata-rata 96%, dengan skor tertinggi adalah 100 dan skor terendah adalah 70. Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa juga bervariasi.References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto, 2010.Media Pembelajaran. Bandung:
PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Gunartha, I Wayan. 2007. Diktat Kuliah Evaluasi
Hasil Belajar.
Denpasar: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan
(IKIP) PGRI Bali.
Kemendikbud.2013. Panduan Teknis Penilaian di
Sekolah Dasar.
Jakarta: Kemendikbud Dirjen Pendidikan Dasar.
Kosasih, E. 2014.Strategi Belajar dan
Pembelajaran implementasi Kurikulum
Bandung: Yrama Widya.
Kunandar. 2012. Langkah Mudah
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta:Rajawali Pers.
-------. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali
Pers.
e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses
Mengimplementasikan Kurikulum 2013.
Jakarta: Kata Pena.
Prasiwi, Made Sances.2015. Penerapan Pendekatan
Saintifik dengan Penilaian Proyek untuk
Meningkatkan Keterampilan Berbicara
dalam Bahasa Indonesia dan Kemampuan
Penalaran Tema Cita-citaku Siswa Kelas
IVB SDP Negeri Tulangampiang
Denpasar.Skripsi (tidak diterbitkan).
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha.
Setiawan, Denny., dkk. 2008. Komputer dan Media
Pembelajaran. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Solchan T. W., dkk. 2008. Pendidikan Bahasa
Indonesia Di SD. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Sumayasa, I Nyoman.2015. Pengaruh Implementasi
Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi
dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada
Siswa
Kelas VI di Sekolah Dasar Se Gugus VI Kecamatan
Abang, Karangasem.Tesis (tidak
diterbitkan). Program Studi Pendidikan
Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha.
Susanti, Ni Luh Desi. 2013. Pengaruh Penerapan
Model Pembelajaran Children Learning In
Science (CLIS) Berbantuan Media Grafis
Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V
Sekolah Dasar Gugus Srikandi Denpasar
Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi
(tidak diterbitkan). Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Universitas Pendidikan Ganesha.
Yustiawati, I Dewa Ayu.2015. Penerapan
Pendekatan Saintifik dengan Penilaian
Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan
Berbicara dalam Bahasa Indonesia dan
Kemampuan Berpikir Kreatif Tema Citacitaku Siswa Kelas IVA SDN 1
Ubung.Skripsi (tidak diterbitkan). Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Universitas Pendidikan Ganesha. 9