Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Hasil Belajar Siswa Kelas I UPT SD Negeri 28 Tumampua II Melalui Pendekatan Reward dan Punishment

Iis Setiofani, Catra Wardana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui pendekatan reward dan punishment. Reward dan punishment merupakan salah satu strategi yang digunakan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam bentuk penguatan positif yang bersumber dari teori behavioristik. Teori belajar behavioristik adalah sebuah teori tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungan atau pengalaman yang diperolehnya. Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas I UPT SD Negeri 28 Tumampua II tahun pelajaran 2022/2023. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif sedangkan penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak dua siklus. Dimana pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilaksanakan dua kali tes yaitu tes siklus I dan tes siklus II, hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar siswa meningkat, dengan kondisi awal 63% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 90% pada siklus 2 sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran dengan pendekatan Pemberian Reward dan Punishment dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran Pemberian Reward dan Punishment siswa terlibat secara aktif, termotivasi serta tidak jenuh dalam proses pembelajaran dan suasana kelas menjadi efektif serta menyenangkan.

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. (2010). Media Pembelajaran.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Budi Rahman, Haryanto. (2014). Peningkatan

Keterampilan Membaca Permulaan

Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas

SDN Bajayau Tengah 2: Jurnal Prima

Edukasia, Vol. 2 No. 2.

Budiasih dan Darmiyati Zuchdi. (2012).

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di

Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.

Depdiknas. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional RI No. 22 Tahun 2006 tentang

Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan

Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Harianto , Erwin. (2020). Keterampilan Membaca

dalam Pembelajaran Bahasa. Vol. 9, No.

Jurnal didaktika. Akses 18 maret 2022.

Istanto, Budi. (2014). Peningkatan Keterampilan

Membaca Permulaan Dengan Menggunakan

Kartu Kata Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 1

Padeyan Jatinom Klaten. Fakultas Ilmu

Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahim Farida. (2013). Dasar Pengajaran

Membaca di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sadiman Arief S. (2010) . Media Pendidikan.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sulkipli. 2018. http://repositori.uinalauddin.ac.id/11844/1/Upaya Meningkatkan

Hasil Belajar-Peserta Didik Melalui

Pemberian Reward and Punishment pada

Siswa Kelas XI Negeri 14 Sinjai.pdf.

Juliawanti. Linda. 2021. URL :

https://lifepal.co.id/media/reward-adalah/

Soim. Ibnu. Muhammad. 2012. http://ibnusoim.blogspot.com/2012/06/hadiah-rewarddan-hukuman-punishment.html

Elisa. Edi. 2021. Pengertian Pembelajaran.

URL :

https://educhannel.id/blog/artikel/peng

ertian-pembelajran.html




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v10i1.10702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats