KELAYAKAN PARAMETER FISIKA KUALITAS AIR UNTUK USAHA BUDIDAYA IKAN BANDENG DENGAN SISTEM KERAMBA JARING TANCAP (KJT) PADA LAHAN BEKAS GALIAN TAMBANG PASIR (Studi Kasus Desa Tondong Kura, Kec Tondong Tallasa, Kab. Pangkajene dan Kepulauan )

M. Jefri, Abdul Haris, Syawaluddin Sodiq, Syaiful Saleh, Abdul Malik

Abstract


Salah satu upaya untuk mengoptimalkan kembali lahan bekas galian tambang pasir dan lahan rawa-rawa yang terlantar adalah usaha kegiatan budidaya ikan bandeng dengan pertimbangan bahwa jenis ikan bandeng mempunyai beberapa keunggulan baik secara ekologi maupun secara ekonomi dan sosial budaya masyarakat setempat dengan sistem keramba jaring tancap (KJT), dimana faktor fisika dari suatu perairan menjadi salah satu penentu keberhasilan usaha budidaya ikan bandeng sistem keramba jaring tancap.Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis parameter fisika perairan (suhu, kedalaman, kecerahan, dan kekeruhan) untuk kelayakan budidaya ikan pada karamba jaring tancap di Desa Tondong Kura, Kec Tondong Tallasa, Kab. Pangkajene dan Kepulauan. Penelitian ini dilakasanakan di Kolam bekas galian pasir yang terletak di Desa Tondong Kura, Kec Tondong Tallasa, Kab. Pangkajene dan Kepulauan. Metode penelitian ini menggunakan tenik analisis deskriptif dengan membandingkan sumber rujukan parameter fisika yang optimum dengan penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan analisis parameter fisika untuk usaha budidaya ikan bandeng pada kolam bekas galian pasir dengan sistem keramba jaring tancap (KJT) di lokasi ini, Yaitu layak untuk di jadikan areal budidaya. Selain itu Pada lahan tersebut terjadi peningkatan laju pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup ikan bandeng.


Keywords


Ikan Bandeng, parameter fisika, Keramba Jaring Tancap

Full Text:

PDF

References


Agus, 2011. Penilaian Kualitas Air dan Kajian Potensi Situ Salam Sebagai Wisata Air Universitas Indonesia, Depok. FMIPA. UI.

Ardhani, D., 2014. Pengelolaan Sungai Batanghari Kabupaten Dharmayasa Berdasarkan Daya Tampung Beban Pencemaran Dengan Metode Qual2Kw. Thesis MIL. Undip.

Ardiansyah dan Rizal A. 2020. Pengaruh Penambahan Ekstrak Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) pada Pakan Komersil terhadap Pertumbuhan dan Sintasan Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus). J. Agrisains, 21(3): 103-110.

Boyd, C. E. 1983. Water quality in warm water fish pond.Auburnn University Agricultura. Entertainment.Auburn

Beveridge, M. 1987. Cage Aquaculture. Fishing New Books Ltd, Farnhan Surrey

Benton and Werner, 1976, Field Biology and Ecology, Edisi ke 3, Tata McGraw Hill Publ.,New Delhi.

Brahmana, S. Suyatno, U. Bahri, S. Fanshury, R., 2002. Pencemaran Air dan Eutrofikasi Waduk Karangkates dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Perairan, 16 (49) (Bogor), pp.73-81.

Chapra, S. Pelletier, G., 2008. A Modelling Framework for Simulating River and Stream Water Quality. Olympia, Environmental Assesment Program Washington State Departement of Ecology

Darmono, 2001. Lingkungan Hidup dan Pencemaran (Hubungannya dengan Toksikologi Senyawa Logam), Penerbit : Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Daryanto. 1995. Masalah Pencemaran, Penerbit Tarsito. Bandung.

Davis, M.L., and D.A. Cornwell. 1991. Introduction To Environtmental Enginering. Second Edition. Mc-Graw-Hill. Inc. NewYork. Djajadiningrat, S.T. dan Harsono, H. 1991. Penilaian Secara Cepat Sumber-Sumber Pencemaran Air, Tanah, Udara. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Effendi, Hefni. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Kanisius. Yogyakarta.

Etik, Yuliastuti, 2011. Kajian Kualitas Air Sungai Ngringo Karanganyar Dalam Upaya Pengendalian Pencemaran Air. Thesis MIL. Undip.

Fardiaz, S.1992. Polusi Air dan udara. Kanisius. Yogjakarta.

Hardjojo B dan Djokosetiyanto. 2005. Pengukuran dan analisis Kualitas Air Edisi ke-satu, Modul 1 – 6. Universitas Terbuka. Jakarta.

Haslinda.1992. Laporan Praktikum Ekologi Perairan Pengukuran Kualitas Air Faisalhrp.Blogspot. Com/ 2012

Hutabarat dan Evans, 1985 Pengantar Oseanografi. Penerbit Universitas Indonesia. UI-Press

Kordi, G. Dan Tancung, A, B. 2005.Pengelolaan Kualitas Air. Rineka Cipta. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26618/octopus.v10i2.7550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M. Jefri, Abdul Haris, Syawaluddin Sodiq, Syaiful Saleh, Abdul Malik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
OCTOPUS: Jurnal Ilmu Perikanan under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.