OPTIMASI PENGGUNAAN ENZIM PAPAIN PADA PAKAN KEONG TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN IKAN PATIN (Pangasius sp.)

Nur Insana Salam, Abdul Haris Sambu, Edi Heriawan

Abstract


Budidaya ikan patin mengalami peningkatan yang menyebabkan penggunaan pakan ikut meningkat sehingga dibutuhkan pakan yang murah dan ramah linkungan. Salah satu pakan yang dapat digunakan adalah pakan keong dengan penambahan enzim papain.  Penelitian ini  bertujuan mengetahui dosis enzim papain yang optimal pada pakan keong terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan ikan patin. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan empat perlakuan yaitu penambahan enzim papain masing-masing 2,3%, 2,5%, 2,7%, dan 0% (kontrol) pada pakan keong. Pakan uji diberikan pada ikan patin ukuran 2-5 cm sebanyak 5% dari biomassa selama 45 hari pemeliharaan dengan frekuensi pemberian tiga kali sehari (pukul 08.30, 13.00, dan 20.00). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian enzim papain dengan dosis 2,5 % merupakan dosis yang optimal terhadap tingkat kelangsungan hidup dan pertumbuhan ikan patin (P<0,05) dibandingkan perlakuan lainnya..Hal ini diduga karena adanya enzim protease yang terdapat pada enzim papain yang merombak protein menjadi asam amino sehingga dapat memacu pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan patin.


Keywords


Enzim papain, kelangsungan hidup, pertumbuhan, ikan patin

Full Text:

PDF

References


Effendie, M.I. 1979. Metoda Biologi Perikanan. Yayasan Dewi Sri. Bogor. 112 hlm.

Fitria, A.S. 2012. Analisis Kelulushidupan dan Pertumbuhan Benih Ikan Nila Larasati (Oreochromis niloticus) F5 D30-D70 pada Berbagai Salinitas. [Skripsi]. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro. Journal of Aquaculture Management and Technology 1 (1) : 18-34 hlm.

Giri, N. A., K. Suwirya, dan M. Marzuqi. 1999. Kebutuhan protein, lemak dan vitamin C pada juwana kerapu tikus (Cromileptes altevelis). Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia, 5(3):38-46.

Ghufron. M. H, dan Kordi. K., 2012.Budidaya Ikan Patin Secara Intensif. Nuansa Aulia. Bandung.

Hasan, O.D.S. 2000. Pengaruh Pemberian Enzim Papain dalam Pakan Buatan terhadap Pemanfaatan Protein dan Pertumbuhan Benih Ikan Gurame (Osphronemus gouramy Lac.). Tesis. Institut Pertanian Bogor, Bogor. 57 hlm.

Jangkaru. 1976. Penelitian Ikan Mas Secara Intensif dalam Kolam Air Deras. Bogor. LLPD

Maulidin. R, Zainal A. Muchlisin, Abdullah A, Muhammadar. 2016. Pertumbuhan Dan Pemanfaatan Pakan Ikan Gabus (Channa striata) pada Konsentrasi Enzim Papain Yang Berbeda. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah, Vol. 1 No.3.

Mareta, R.E., Subandiyono, Hastuti, S. 2017. Pengaruh Enzim Papain dan Probiotik dalam Pakan terhadap Tingkat Efisiensi Pemanfaatan Pakan dan Pertumbuhan Ikan Gurami (Osphronemus gouramy). Jurnal Sains Akuakultur Tropis: 1 (2017)1:21-30

Mulyani, Y.S. 2014. Pertumbuhan dan Efisiensi Pakan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) yang Dipuasakan secara Periodik. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia. Fakultas Pertanian UNSRI. Volume 2(1). 01-12 hal.

Muchtadi, D., S.R. Palupi, dan M. Astawan. 1992. Enzim dalam Industri Pangan. Pusat Antar Universitas. Pangan dan Gizi, Institut Pertanian Bogor, 118 hlm.

Nasution, E.P.A, Zainal, A., Muchlisin, Cut Yulfizar. 2017. Pengaruh Kombinasi Enzim Papain Dan Enzim Bromelin Terhadap Pemanfaatan Pakan Dan Pertumbuhan Ikan Nilem (Ostheocillus vittatus). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah, Vol.2 No.3.

Oliveira, J.G.D., Angela, P. V. (2011). Papaya: Nutritional and Pharmacological Characterization, and Quality Loss Due to Physiological Disorders. Food Research International. 44 (1), 1306-1313

Rachman, A., Sri, W., Ike, Y.W. (2015). Isolasi dan Identifikasi Senyawa Saponin Ekstrak Metanol Daun Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis). Program Studi Farmasi. Universitas Pakuan. Bogor.

Royce, W. F. 1972. Introduction to the Fishery Sciences.Academic Press.Inc. New York. 315 hal.

Samsundari S., dan Ganjar A.W. 2013. Analisis Penerapan Biofilter Dalam Sistem Resirkulasi Terhadap Mutu Kualitas Air Budidaya Ikan Sidat (Anguilla bicolor). Jurnal Gamma, ISSN 2086-3071

Sukandi, U. 2003. Membuat Pakan Ikan Komsumsi. Agromedia Pustaka Tangeran

Syahputra, S, Syammaun Usman dan Rusdi Leidonald. 2017. Pengaruh Pemberian Enzim Papain Pada Pakan Terhadap Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Benih Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus).

Widigdo, B. 2013. Bertambak Udang dengan Teknologi Biocrete. Kompas Media

Nusantara. Jakarta.

Yulianti, S. Nurliah, Lestari, D.P. 2018. Penambahan Getah Pepaya Pada Pakan Pelet Dengan Dosis Yang Berbeda Untuk Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Ikan Mas (Cyprinus carpio). Jurnal Perikanan Vol.8 No 2.

Yuwono. E, Sukardi. P., 2008.Fisiologi Hewan Air. Unsoed Press. Purwokerto.

Zonneveld, N., E.A. Huisman, J.H. Boon. 1991. Prinsip-prinsip budidaya ikan. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26618/octopus.v9i2.7068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Insana Salam, Abdul Haris Sambu, Edi Heriawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
OCTOPUS: Jurnal Ilmu Perikanan under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.