OPTIMASI PADAT TEBAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP UDANG VANAME (Litopenaus Vannamei) DENGAN SISTEM RESIRKULASI

Abd. Wahyu H. Lama, Darmawati Darmawati, Farhanah Wahyu

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk Mengetahui pertumbuhan dan sintasan udang vaname (Litopenaeus vannamei) yang dipelihara menggunakan air baku dari hasil reserkulasi. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukandengan cara acak untuk menjaga agar tidak ada organisme yang terlalu kecil atau besar yang terambil pada saat sampling atau dalam hal ini metode yang digunakan adalah metode eksperimental yakni menguji hasil penelitian dengan ragam uji ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kepadatan yang berbeda (1500 ekor/wadah) menyebabkanPertumbuhan mutlak, Laju pertumbuhan, dan Sintasan pada udang vaname (Litopenaeus vannamei)   meningkat. Hal inidisebabkan karena rendahnya kepadatan diperlakuan A (1500 ekor) dibandingkan perlakuan B (2000 ekor) dan perlakuan C (2500 ekor), menyebabkan tidak terjadi persaingan ruang gerak dan tidak terjadi persaingan makanan sehingga dapat memacu pertumbuhan dan sintasan udang vannamei (Litopenaeus vannamei). Pada penelitian ini disarankan, jika untukmenambah kepadatannya diharuskan menggunakan tambahan aerasi dan kincir untuk menyuplay oksigen kewadah budidaya.

Keywords


Udang vaname, Pertumbuhan mutlak, Laju Pertumbuhan harian, Sintasan,dan Reserkulasi

Full Text:

PDF

References


Amri, K dan Kanna, I. (2008) Budidaya Udang Vanname Secara Intensif, Semi Intensif, dan Tradisional.PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Andi Sahrijanna dan Sahabuddin Teknologi akuakultur 2014. Kajian kualitas air pada budidaya udang vaname (Litopanaeus vannamei) dengan sistem pergiliran pakan ditambak intensif

Anna, S. 2010. Udang Vaname. Kanisius.Yogyakarta.

Arikunto, S. (1992) Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Yogyakarta. Dahuri, R. (2003) Keanekaragaman Hayati Laut: Aset Pembangunan Berkelanjutan Indonesia. Gramedia. Jakarta.

Effendi, F. 2000.Budidaya Udang Putih.Penebar Swadaya, Jakarta.

Effendi, H. 2003.Telaahan Kualitas Air bagi Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan Perairan.Fakultas Perikanan dan IlmuKelautan.Institut Pertanian Bogor.Bogor.259 hal.

Effendi, H. 2003.Telaah Kualitas Air Bagi Pengelola Sumberdaya dan Lingkungan Perairan.Jakarta: Kanisius.

Farchan, M. 2006. Teknik Budidaya Udang Vaname. BAPPL Sekolah Tinggi Perikanan, Serang.

Faisol mas’ud dan Tri wahyudi 2018. Analisis usaha budidaya udang vaname (Litopanaeus vannamei) air tawar di kolam bundar dengan sistem resirkulasi air.

Muhammad.F, (2010) Sambutan Menteri Kelautan dan Perikanan.Kementrian Kelautan dan Perikanan. Surabaya.

Poernomo, A. 2004.Teknologi Probiotik Untuk Mengatasi Permasalahan Tambak udang dan Lingkungan Budidaya.Makalah disampaikan pada Simposium Nasional Pengembangan Ilmu dan Inovasi Teknologi dalam Budidaya.Semarang , 27 – 29 Januari. 2004. 24 hal.

Slamet Subyakto, Dede Sutende, Moh. Afandi dan Sofiati 2009. Budidaya udang vaname (Litopanaeus vannmei) semiintensif dengan metode resirkulasi tertutup untuk menghindari serangan virus




DOI: https://doi.org/10.26618/octopus.v9i1.4001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abd. Wahyu H. Lama, Darmawati Darmawati, Farhanah Wahyu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
OCTOPUS: Jurnal Ilmu Perikanan under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.