HUBUNGAN INDIVIDUAL CAPABILITY DAN INDIVIDUAL MOTIVATION MASYARAKAT PESISIR DENGAN PENINGKATAN DAYA SAING RUMPUT LAUT DI KABUPATEN BANTAENG

Akbar Akbar

Abstract


Membangun individual capability dan individual motivation yang baik diharapkan menjadi strategi untuk meningkatkan daya saing rumput laut. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan individual capability dan individual motivation dengan peningkatan daya saing rumput laut. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng. Metode yang digunakan adalah survei melalui observasi lapangan, wawancara, dokumentasi serta penelusuran kepustakaan. Sampel ditentukan secara acak stratifikasi dari jumlah petani rumput laut yang ada di Kecamatan Pa’jukukang. Data dianalisis dengan statistik deskriftif, yaitu scoring rating dan korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Individual Capability dan Individual motivation secara simultan memiliki hubungan positif dan signifikan dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 atau nilai koefisien korelasi sebesar 0,696 yang berarti bahwa hubungan diantara dua variabel berada pada kategori cukup kuat. Hal ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik keadaan individual capability dan individual motivation petani maka daya saing rumput laut juga akan semakin meningkat. Secara parsiap hubungan antara Individual capabilitry dan daya saing rumput laut adalah 0,261, sedangkan individual motivation dan daya saing rumput laut adalah 0.404.


Keywords


Individual Capability, Individual Motivation, Daya Saing, Korelasi.

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2018. Kkp Pacu Pengembangan Daya Saing Rumput Laut Nasional. Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Departemen Kelautan dan Perikanan RI. Jakarta.

Anggadiredja, J.T., Zatnika, A., Purwoto, H. dan S. Istini. 2006. Seri Agribisnis; Rumput Laut. Jakarta: Penebar Swadaya.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan. (2016). Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Sulawesi Selatan menurut Lapangan Usaha Tahun 2010-2014. Makassar: BPS Sulsel.

Haryono, Pasandaran, A., Suradisastra, K., Mewa Ariani, Nono Sutrisno, Sulusi Prabawati, M. Prama Yufdy, dan Agung Hendriadi (2014). Memperkuat Daya Saing Produk Pertanian. Jakarta: IAARD Press.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2010. Statistik Ekspor Hasil Perikanan 2009. Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Martina. dkk. (2008). Analisis Pengaruh Human Capital Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Indonesia). Jurnal Akuntansi dan Keuangan,

(1):11-21.

Rachmawati D. & Wulani. (2008). Human Capital dan Kinerja Dareah: Studi Kasus di Jawa Timur, Penelitian APTIK, April: 1-73.

Setyanto R.P. (2004). Pengukuran Human Capital: Peluang bagi Departemen SDM untuk Berperan sebagai Strategic Bisiness Partner, Usahawan No.10, Oktober:18-22.

Subanidja S. (2016). Human Capital Development Strategy for Superior Organizational Performance. International Journal of Advanced Research, 4(6):257-260

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Wernerfelt B. (1984). A Resourced-Based View of The Firm. Strategic Management Journal, 5:171-180.




DOI: https://doi.org/10.26618/octopus.v7i2.2470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Akbar Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
OCTOPUS: Jurnal Ilmu Perikanan under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.