OPTIMASI KEBUTUHAN PROTEIN PAKAN UNTUK PERTUMBUHAN DAN SINTASAN IKAN GABUS (Channa striata)

Masdianto Masdianto, Andi Khaeriyah, Burhanuddin Burhanuddin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan berapa kandungan protein optimal dalam pakan untuk meningkatkan pertumbuhan dan sintasan pada benih ikan gabus (C. striata). Metode penelitian yang digunakan adalah benih ikan gabus yang berukuran 4 cm. Wadah penelitian yang digunakan adalah aquarium berkapasitas 50 liter air sebanyak 12 buah. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 Perlakuan dan 3 ulangan sehingga berjumlah 12 unit. Perlakuan A = Protein 30%, Perlakuan B = Protein 35% Perlakuan C = Protein 40%, Perlakuan D = Protein 45%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, semakin tinggi kadar protein pakan sampai batas tertentu menghasilkan pertumbuhan dan efisiensi pakan yang semakin tinggi. Pakan yang mengandung protein 40% (Perlakuan C 40) memberikan respon pertumbuhan dan efisiensi pakan tertinggi, meskipun tidak berbeda dengan pakan yang mengandung protein 45% Perlakuan D dan Perlakuan B 35%. Sementara pakan yang mengandung protein 30% menghasilkan pertumbuhan terendah. Hasil analisis varians menunjukkan bahwa pemberian protein yang berbeda pada pakan benih ikan gabus berpengaruh nyata (p<0,05) pada setiap Perlakuan. Agar memperoleh pertumbuhan benih Ikan Gabus (C. striata) yang lebih baik maka dalam kegiatan budidaya benih Ikan Gabus di anjurkan menggunakan pakan buatan dengan kandungan protein 40 % karena dapat mempercepat pertumbuhan benih ikan gabus.


Keywords


Ikan Gabus; Protein; Pakan; Pertumbuhan; Sintasan

Full Text:

PDF

References


Akbar, S., Marsoedi, M., Soemarno, S., dan Kusnendar, E. 2012. Pengaruh pemberian pakan yang berbeda terhadap pertumbuhan ikan kerapu macan (Ephinephelus fuscoguttatus) pada fase pendederan di keramba jaring apung (KJA). Teknologi Pangan: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 4(1).

Alfisha, T. H., Syakirin, M. B., Mardiana, T. Y., Linayati, L., dan Madusari, B. D. 2020. Penambahan vitamin C pada pakan buatan terhadap pertumbuhan benih ikan gabus (Channa Striata). Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 18(2).

Azisya, N. 2022. Profil Kadar Albumin Dan Bilirubin Pada Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) Liar Di Pulau Liukang Loe, Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Universitas Hasanuddin.

Boer, I. dan Adelina. 2000. Ilmu Nutrisi Dan Pakan Ikan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau. Pekanbaru. UR Pres.

Castell, J.D. dan Tiews. 1980. Report of the EIFAC, IUNS in ICES Working Group on the standardization of methodology in fish nutrition research. Hamburg. Germany.

Effendie, M. I. 1979. Metode Biologi Perikanan. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Extrada E., Taqwa F.H., dan Yulisman. 2013. Kelangsungan hidup dan pertumbuhan benih ikan gabus (C. striata) pada berbagai tingkat ketinggian air media pemeliharaan. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia. 1 (1): 103-114.

Hidayat, D., dan Sasanti, A. D. 2013. Kelangsungan hidup, pertumbuhan dan efisiensi pakan ikan gabus (Channa striata) yang diberi pakan berbahan baku tepung keong mas (pomacea sp). Jurnal akuakultur rawa indonesia, 1(2), 161–172.

Kordi, K.M.G.H., 2009. Membudidayakan Gurami Di Kolam Terpal: Karya Anda. 22 hlm

Lovell, R.T. 1988. Nutrient and Feeding of Fish. Van Nostrand Reindhold. New York, 260 p.

Safaruddin, S., Safitri, N. A. A., Yuliana, B., dan Firman, I. 2019. Formulasi Gel Lendir Ikan Gabus (Channa striata) dan Uji Efektivitas Sebagai Obat Luka Bakar Pada Kelinci (Oryctolagus cuniculus). Prosiding Seminar Nasional Universitas Indonesia Timur, 1(1), 248–254.

Shao, W. L. 1977. Aquaculture in South East Asia A Historical Overview. University of Washington. 108 pages

Suhaili Asmawi, 1983. Pemeliharaan Ikan Dalam Keramba. PT. Gramedia. Jakarta. 223 halaman

Suprayitno, E. 2017. Misteri Ikan Gabus. Universitas Brawijaya Press.

Susanti, R., dan Sulardiono, B. 2013. Kajian Tentang Laju Pertumbuhan Ikan Bandeng (Chanos chanos Forskall) Pada Tambak Sistem Silvofishery Dan Non Silvofishery Di Desa Pesantren Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Management of Aquatic Resources Journal (MAQUARES), 2(2), 81–86.

Susanto, S. R. 2009. Nila.Cetakan ke-XV. Penebar Swadaya. Jakarta. Hlm.1-6.

Webster, C. D., dan C. Lim (2002). Nutrients Requirements and Feeding of Finfish for Aquaculture. CABI Publishing. CAB International Wallingford Oxon OX10 8DE. UK. 418p.

Yulisman, D., Jubaedah dan M. Fitrani, 2011. Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Ikan Gabus (Channa striata) pada Berbagai Tingkat Pemberian Pakan. Jurnal Perikanan dan Kelautan, Universitas Pekalongan.




DOI: https://doi.org/10.26618/octopus.v10i1.15339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Masdianto Masdianto, Andi Khaeriyah, Burhanuddin Burhanuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
OCTOPUS: Jurnal Ilmu Perikanan under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.