OPTIMASI LARUTAN DAUN KETAPANG (Terminalia catappa) DALAM UPAYA MENGOBATI SERANGAN PARASIT PADA BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Wahyullah Wahyullah, Darmawati Darmawati, Andi Khaeriyah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk untuk menentukan efektivitas ekstrak daun ketapang (T. cattapa  L.) sebagai antimikroba pada benih ikan nila. Metode penelitian yang digunakan adalah benih ikan nila yang diperoleh dari Balai Benih Ikan (BBI) Limbung. Benih ikan nila yang digunakan sebanyak 20 ekor/wadah penelitian. Wadah yang digunakan adalah ember plastik berkapasitas 25 liter namun diisi air sebanyak 20 liter. Jumlah wadah penelitian sebanyak 12 buah. Perlakuan yang dicobakan adalah perendaman larutan daun ketapang dengan dosis berbeda terhadap prevalensi dan sintasan benih ikan nila yang terinfeksi parasit. Pada penelitian ini terdapat 4 perlakuan, yaitu dosis 1.000 ppm (perlakuan A), dosis 2.000 ppm (perlakuan B) , dosis 3.000 ppm (perlakuan C), tanpa perendaman larutan daun ketapang (perlakuan D). Hasil penelitian yang dilakukan selama ±1 bulan menunjukkan bahwa prevalensi parasit pada benih ikan nila terendah pada perlakuan C yaitu 50% dengan sintasan 100%. Disarankan untuk melakukan pengujian konsentrasi larutan dengan perbedaan dosis yang lebih kecil antara perlakuan. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui optimasi dosis yang lebih sesuai dalam mencegah dan mengobati penyakit yang disebabkan oleh serangan parasit.


Keywords


Daun ketapang; Prevalensi; Sintasan

Full Text:

PDF

References


Adilfiet. 1994. Buku Ajar Mikrobiologi Kedokteran. Binarupa Aksara. Jakarta.

Alderman, D. J. 1986. Fungal Diseases of Aquatic Animal. In: R. J. Roberts (Ed.). Microbial Diseases of Fish. Academic Press. New York.

Alifuddin, M. 2003. Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Ikan. Bacaan Kuliah dan Praktikum. Laboratorium Kesehatan Ikan. Jurusan Budidaya Perairan. Institut Pertanian Bogor.

Anha. M, 1993. Pengaruh Betadine Terhadap Keberhasilan Penetasan Telur Ikan Mas (Cyprinus carpio L). Skripsi. Fakultas Perikanan Universitas Dharmawangsa. Medan.

Effendi, R. 1979. Fisiologi hewan air. Unri Press. Pekanbaru. 213 hal.

Khairuman dan Amri. K. 2007. Budidaya Ikan Nila Secara Intensif. Ago Media Pustaka. Jakarta.

Masduki, I. (1996). Efek Antibakteri Ekstrak Biji Pinang (Areca catechu) terhadap S. aureus dan E. coli. Cermin Dunia Kedokteran 109:21-24.

Pelczar, M.J. & E.C.S. Chan, 1986, Penterjemah, Ratna Siri Hadioetomo dkk. Dasar-Dasar Mikrobiologi 1, Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Radhiyufa, M. 2011. Dinamika Fosfat dan Klorofil dengan Penebaran Ikan Nila (O. niloticus) pada Kolam Budidaya Ikan Lele (Clarias gariepinus) Sistem Heterotrofik. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Rahman, M. 2003. Daun ketapang sebagai antifugal ikan air tawar. Jurnal Penelitian Universitas Sumatra Utara.

Robinson, T. 1995. Kandungan Organik Tumbuhan Tingkat Tinggi. Edisi Keenam.Terjemahan: K. Padmawinata. Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Sandes, K. 1991. Studies on vitamin C in fish nutrient. Fisheries and Marine Biology. Univ. of Bergen. Norway. Halaman 32.

Suharti, R. 2011. Budidaya Ikan Nila. Materi Penyuluh Perikanan dan Kelautan. Susanto. H, dan A. Rochdianto. 2007. Kiat Budidaya Ikan Mas Di Lahan Kritis. Penebar Swadaya. Jakarta.

Suwirya, K., Giri, N.A. dan Marzuqi, M. 2008. Pengaruh n-3 HUFA terhadap pertumbuhan dan efisiensi pakan yuwana ikankerapu bebek, Cromileptes altivelis. Di dalam: Sudradjat, A.,E. S. Heruwati, A. Poernomo, A. Rukyani, J. Widodo dan E.Danakusuma (ed). Teknologi Budidaya Laut dan Pengembangan Sea Farming di Indonesia. Departemen Kelautan dan Perikanan. Halaman 201-206.

Suyanto, S.R., 2003. Nila. Penebar Swadaya. Jakarta. 105 halaman.

Wahjuningrum. D, N. Ashry, dan S. Nuryati, Pemanfaatan Ekstrak Daun Ketapang Terminalia cattapa Untuk Pencegahan Dan Pengobatan Ikan Patin Pangasionodon hypophthalmus yang Terinfeksi Aeromonas hydrophila. Departemen Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, Kampus Darmaga, Bogor 16680.

Wahyuningsih, 2006. Teknologi Budidaya Biota Air. Karya Putra Darwati. Bandung.

Watanabe, T. 1998. Fish Nutrition and Marine Culture. Department of Aquatic Biosciences. Tokyo University of Fisheries. Jica 223 pp.




DOI: https://doi.org/10.26618/octopus.v10i1.15326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wahyullah Wahyullah, Darmawati Darmawati, Andi Khaeriyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
OCTOPUS: Jurnal Ilmu Perikanan under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.