OPTIMASI KADAR SILASE LIMBAH SAYUR DALAM PAKAN TERHADAP KONSUMSI PAKAN DAN EFISIENSI PAKAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei)

Jamil Jamil, Murni Murni, Abdul Haris, Andy Rasyadi

Abstract


Udang vannamei, spesies yang populer dalam budidaya perikanan di Indonesia, merupakan alternatif yang hemat biaya dibandingkan sistem budidaya intensif yang sangat bergantung pada pakan buatan. Penelitian yang dilakukan pada bulan September hingga Juni 2017 ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan silase limbah nabati pada pakan udang untuk meningkatkan konsumsi dan efisiensi. Penelitian ini melibatkan produksi pakan, pemeliharaan udang, dan analisis laboratorium khusus. Akuarium kaca dengan air laut digunakan untuk menampung remaja udang, dan penelitian ini menguji pakan yang diformulasikan dengan limbah sayuran yang difermentasi dengan cairan rumen sapi. Penelitian menemukan bahwa penambahan silase limbah sayuran fermentasi dengan cairan rumen berpengaruh nyata terhadap konsumsi pakan udang, efisiensi, dan rasio konversi. Perlakuan C (silase 20%) menghasilkan konsumsi dan efisiensi pakan tertinggi, sedangkan Perlakuan B (silase 10%) menunjukkan rasio konversi pakan terendah. Parameter kualitas air berada dalam kisaran optimal sehingga mendukung kelangsungan hidup dan pertumbuhan udang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Perlakuan C (20% limbah silase sayuran) menghasilkan konsumsi pakan dan efisiensi pemanfaatan pakan tertinggi, sedangkan Perlakuan B (10% limbah silase sayuran) menghasilkan konsumsi pakan dan efisiensi pemanfaatan pakan terendah.

 


Keywords


Cairan rumen; efisiensi pakan; silase limbah sayuran; udang vannamei

Full Text:

PDF

References


Adiwijaya, D., dan Supito, I. S. 2008. Penerapan Teknologi Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Semi Intensif Pada Lokasi Tambak Salinitas Tinggi. Media Budidaya Air Payau Perekayasaan. Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Payau Jepara, 7, 54–72.

Anggraini, T. P., Hudaidah, S., dan Utomo, D. S. C. 2018. Pengaruh Proporsi Tepung Ikan Dan Tepungkeong Mas (Pomacea canaliculata) Yang Berbeda Sebagai Bahan Baku Utama Pembuatan Pakan Terhadap Pertumbuhan Benih Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei). e-Jurnal Rekayasa dan Teknologi Budidaya Perairan, 7(1), 799–806.

Aonullah, A. A., dan Manida, A. 2022. Aplikasi Pakan Alami Dan Buatan Pada Pemeliharaan Larva Udang Vanname (Litopenaeus vannamei) Di Hatchery PT. Suri Tani Pemuka Unit Hatchery Negara, Bali. Chanos Chanos, 20(2), 105. https://doi.org/10.15578/chanos.v20i2.11838

Bosma, R. H., dan Verdegem, M. C. J. 2011. Sustainable aquaculture in ponds: Principles, practices and limits. Livestock Science, 139(1–2), 58–68. https://doi.org/10.1016/j.livsci.2011.03.017

Darwantin, K., Sidik, R., dan Mahasri, G. 2016. Efisiensi penggunaan imunostimulan dalam pakan terhadap laju pertumbuhan, respon imun dan kelulushidupan udang vannamei (Litopenaeus vannamei). Jurnal Biosains Pascasarjana, 18(2), 123–139.

Haliman, R. W., dan Adijaya, D. 2005. Udang vannamei. In Penebar Swadaya. Jakarta (Vol. 75).

Hoa, N. D. 2012. Vietnam shrimp production cost – Comparing with Ecuador is lame as it is not in the same frame of reference, the reason is: Vietfish Magazine. https://vietfishmagazine.com/markets/odious-to-compare-prices-of-vietnamese-shrimp-and-ecuadorian-shrimp.html

Husma, A. 2017. Biologi Pakan Alami. CV. Social Politic Genius (SIGn).

Lutfi, H., Nirmala, K., Effendi, I., dan Hastuti, Y. P. 2022. Analisis Kesesuaian Perairan Untuk Pengembangan Tambak Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) di Kelurahan Sungai Geniot Kota Dumai. Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan, 17(2), 1–11.

Mohamed, A. A., Abou Elmagd, W. S. I., dan Ibrahim, H. S. 2019. Reduction Of Organic Pollutants From Water Treatment Plants Using Wastes Of Alum Industry. Journal of Environmental Science, 48(1), 1–14. https://doi.org/10.21608/jes.2019.133743

Partama, I. I. B. G., Warmadewi, D. A., dan Pt, S. 2017. Manajemen Pabrik Pakan. In Fakultas Peternakan. Universitas Udayana.

Rachmawati, D., dan Samidjan, I. 2018. Suplementasi Ekstrak Nanas Pada Pakan Terhadap Pemanfaatan Pakan Dan Pertumbuhan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Upaya Untuk Meningkatkan Produksi. Prosiding Seminar Nasional Kelautan dan Perikanan IV Tahun, 2018, 278–284.

Ratri, K. S., Hutabarat, J., dan Herawati, V. E. 2020. Pengaruh Pemberian Pakan Phronima sp. Substitusi Artemia sp. Terhadap Pertumbuhan dan Kelulushidupan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). Jurnal Sains Teknologi Akuakultur, 3(2), 66–75.

Setiawan, B. 2010. Teknik Produksi dan Analisa Finansial Naupli Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) di Instalasi Pembenihan Udang (IPU) Gelung Balai Budidaya Air Payau (BBAP) Situbondo, Jawa Timur. Laporan Praktek Integrasi Sekolah Tinggi Perikanan. Jakarta.

Subandiyono, dan Hastuti, S. 2021. Aplikasi Manajemen Pemberian Pakan Induk Pada Pembenihan Ikan Lele (Clarias Gariepinus). CV. Tigamedia Pratama.

Syaputra, R. 2018. Pengaruh Penambahan tepung daun gamal (Gliricidia sepium) pada Pakan buatan terhadap sintasan dan pertumbuhan ikan gurami (Osphronemus gouramy). Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

Syukri, M., dan Ilham, M. 2016. Pengaruh salinitas terhadap sintasan dan pertumbuhan larva udang windu (Penaeus monodon). Jurnal Galung Tropika, 5(2), 86–96.

Tahe, S., dan Suwoyo, H. S. 2011. Pertumbuhan dan sintasan udang vaname (Litopenaeus vannamei) dengan kombinasi pakan berbeda dalam wadah terkontrol. Jurnal Riset Akuakultur, 6(1), 31–40.

Xincai, C., dan Yongquan, S. 2001. Shrimp culture. China Internasional Training Course on Technology of Marineculture (Precious Fishes). China: Yiamen Municipal Sciense & Technology Commission. Hal. 107-113.

Zainuddin, Z., Haryati, H., dan Aslamyah, S. 2017. Pengaruh Berbagai Sumber Karbohidrat Pakan Terhadap Pertumbuhan dan Sintasan Juvenil Udang Vannamei Litopenaeus vannamei. Agrokompleks, 16(1), 7–11.




DOI: https://doi.org/10.26618/o.v12i2.14962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jamil, Murni, Abdul Haris, Andy Rasyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
OCTOPUS: Jurnal Ilmu Perikanan under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.