PREVALENSI DAN INTENSITAS PARASIT PADA BENIH IKAN MAS (Cyprinus carpio) PADA TIGA LOKASI LOKASI BALAI BENIH IKAN SULAWESI SELATAN

Rahmi Rahmi, Nur Insana Salam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi dan intensitas pada benih ikan Mas (Cyprinus carpio.L) pada beberapa lokasi BBI(Balai Benih Ikan) di sulawesi selatan.  Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Mei-juni 2017 pengambilan sampel ikan di tiga lokasi  Balai Benih Ikan (BBI) yaitu, BBI Limbung, BBI Bontomanai, BBI Maros. dan pengamatan parasit di lakukan di Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar. Jenis parasit yang ditemukan pada bagian ektoparasit ikan mas (Cyprinus carpio) selama penelitian adalah, Dactylogyrus sp. dan Trichodina sp, dan Chilodonella sp. Prevalensi ektoparasit pada ikan mas (Cyprinus carpio) yaitu yang terendah pada BBI Maros yaitu Dactylogyrus sp 30%, Trichodina sp 25%,dan Chilodonella sp 15 %. Sedangkan yang tertinggi pada BBI Bonto Manai yaitu Dactylogirus sp 40%, Trichodina sp 45%, dan Chilodonella sp 30%.  Sedangkan intensitas serangan parasit tertinggi d BBI Bonto manai masing-masing, Dactylogyrus sp 4 ind/ekor, Trichodina sp 4 ind/ekor, dan Chilodonella sp 4 ind/ekor. Diperlukan penelitian lanjutan untuk mengukur parameter lingkungan seara detail pada penelitian ini.

Keywords


Cyprinus carpio, Prevalensi, Intensitas Parasit

References


Afrianto dan Liviawaty. 1992. Pengendalian hama dan penyakit ikan. Penerbit kanisius. Yogyakarta.

Apriyani, Raina Dwi Putri. 2010. Derajat Keasaman (pH) Sebagai Parameter Perairan.http://rainadpa.blogspot.com/2010/01/derajat-keasaman-ph-seba gai -parameter.html. Diakses pada 01 Juni 2011, pukul 20.00 WIB.

Anonimous. 2009. http://www.agromaret.com_penyakit_dan_parasit_ikan.htm. (Online) 29 Desember 2010.

Anshary, H. 2008. Modul Pembelajaran Parasitologi Ikan. Program Studi

Budidaya Perairan Jurusan Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan

Perikanan Universitas Hasanuddin Makassar.

Anshary, H. 2008.Tingkat Infeksi Parasit Pada Ikan Mas Koi(Cyprinus

carpio) Pada Beberapa Lokasi Budidaya Ikan Hias di Makassar dan

Gowa. Jurnal Sains & Teknologi. Makassar: Jaringan Sains dan

Teknologi 8: 139-147.

Aria, P. 2008. http://Kesehatan Ikan_Parasit_penularan. Html. Prevalensi dan Intensitas Parasit (Tingkat Penularan). (Online) 31 Desember 2010..

BhaktiS. 2011.Prevalensi dan identifikasi ektoparasit pada ikan koi (Cyprinus carpioLac.) di beberapa lokasi budidaya ikan hias di Jawa Timur(Skripsi).Surabaya: Universitas Airlangga.

Bachtiar.2002.Pembesaran ikan mas di kolam pekarangan. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Boyd C.E. 1982. Water Quality Management For Pond Fish Culture. Elsevier Scientific Publishing Company. New York.

Fernando, C. F. J.L Furtado, A. V Gussev, G. Honek and S.A. Kakonge. 1972. Methods for the Study of Fresh Water Fish Parasites.

Gusrina. 2008. Budidaya Ikan Jilid 3. Diakses dari http://ftp.lipi.go.id/pub/Buku_Sekolah_Elektronik/SMK/Kelas%20XII/Kelas%20XII_smk_budidaya_ikan_gusrina.pdf. Pada Tanggal 20 Agustus 2010.

Ghufran, M. dan H.Kordi. 2004, Penanggulangan Hama dan Penyakit lkan. Bina Adi Aksara dan Rineka Cipta,Jakarta.

Huet, M. 1979. Textbook of Fish Culture, Breeding and Cultivation of Fish. Fishing News Book Ltd., Farnham, Surrey, England. 437 hlm.

Irawan, A. 2004. Menanggulangi Hama dan Penyakit Ikan.CV. Aneka . Solo.

Irianto, A. 2005. Patologi Ikan Teleostei. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. 255 hlm.

Kurnia,DR.2010. Hama dan Penyakit ikan. Diakses dari http://hama dan penyakit ikan dr Kurnia.wordpress.com/ pada tanggal 21 Agustus 2010.

Kabata, Z. 1985. Parasires and diseases of fish cultured in the tropics. Penerbit taylor dan prancis. London and Philadelphia.

Kordi dan Tancung.2007. Budidaya Perairan. PT.Citra Aditya Bakti:Bandung.

Noble, E.R and G.A. Noble. 1989. Parasitologi Biologi Parasit Hewan. Edisi ke-5. Wardiarto, Penerjemah; Soeripto N. Editor. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Terjemahan dari: Parasitology: The Biology of Animal Parasites 5th edition.

Purwakusuma,W.2007.Argulus. Diakses dari http:// O-fish.com/Argulus tanggal 21 Agustus 2010.

Poly, W. J. 2008. Global diversity of fishlike (crustacean: Branchiura: Argulidae) in Fresh water. Hydribiologia 595(1): 209-212.

Prasetya, D, Rokhmani, Subadrah. 2004. Kekayaan Jenis Ektoparasit yang menyerang ikan Gurami (Osphernomus Gouramy. Lac).

Rukmana,R.2007.Ikan Mas Pembenihan dan Pembesaran.Aneka Ilmu.Semarang

Rustikawati,2004, Intensitas Dan Prevalensi Ektoparasit Pada Benih Ikan Mas (Cyprinus Carpio L.) Yang Berasal Dari Kolam Tradisional Dan Longyam Di Desa Sukamulya Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.

Sinderman, C. J. 1990. Principal Disiases of Marine Fish and Shell Fish. Vol.1. Diseases of Marine Fish. Academis Press. London.

Talunga, J. 2007. Tingkat Infeksi dan Patologi Parasit Monogenea (Cleidodistus sp.) pada Insang Ikan Patin (Pangasius sp.). Skripsi.Program Studi Budidaya Perairan Jurusan Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/octopus.v6i2.1301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rahmi Rahmi, Nur Insana Salam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
OCTOPUS: Jurnal Ilmu Perikanan under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.