Peran Pendidik Mengenalkan Konsep Bilangan Menggunakan Permainan AWUTA di TK Negeri Surya Kelurahan Botu Kecamatan Dumbo Raya Gorontalo

Mutmainnah S Sabi, Wiwik Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui peran guru dalam mengenalkan konsep bilangan menggunakan permainan awuta di TK Negeri Surya Kota Gorontalo. (2) mengetahui kendala dan solusi guru dalam mengenalkan konsep bilangan menggunakan permainan awuta di TK Negeri Surya Kota Gorontalo. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan naturalistik. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran dominan adalah (a) mediator, (b) fasilitator, (c) guru, (d) tutor, (e) demonstrator, (f) evaluator. Hambatan internal dan solusinya adalah: (1) aspek motorik halus anak, solusinya sebagai tutor, (2) aspek kematangan pemahaman masing-masing anak, solusinya sebagai demonstrator, (3) aspek sosial emosional anak , solusinya adalah pedagogik guru. Kendala eksternal adalah kurangnya awuta, oleh karena itu ketersediaan awuta disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Ath-Thabari, Abu Ja‟far Muhammad bin Jarir. 2009. Tafsir Ath-Thabari (16). Jakarta: Pustaka

Azzam.

Bunga, Cahaya. “Kandungan surat An-Nahl (16) ayat 78 (Potensi Edukatif Manusia)”. Dari

http://ilmumengalir.blogspot.com/2013/05/potensi-edukatif-manusia.html. Diakses

Tanggal 8 Agustus 2018, pukul 10.15 wita.

Kemenag. 2013. Al-Qur’an Transliterasi dan Terjemahan. Bandung: IKAPI.

Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

S. Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineke Cipta.

Suharjo, Drajat. 1993. Metodologi Penelitian dan Penulisan Laporan Ilmiah. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Syukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Prnrlitian Pendidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta, Kemendiknas.

Usman. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Husain. 1995. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mutmainnah S Sabi, Wiwik Pratiwi

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak USia DIni (PGPAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas MUhammadiyah Makassar