Pengembangan Aspek Bahasa Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Anak Kelompok B di TK Kartika Jaya Xx-34 Gowa

Endang Elfrida, Tasrif Akib, Sri Sufliati Romba

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan aspek perkembangan bahasa dengan metode bercerita menggunakan boneka tangan pada anak kelompok B2 di TK Kartika Jaya XX-34 Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak, pembendaharaan kata dan mampu menyampaikan ide, gagasan dan pikiran anak di Tk Kartika Jaya Xx-34 Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah anak kelompok B2 TK Kartika Jaya XX-34 Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa sebanyak 13 orang anak. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan pada perkembangan bahasa anak melalui media boneka tangan dengan menggunakan metode bercerita pada kelompok B2 di TK Kartika Jaya XX-34 Gowa. Hasil dari penelitian pada siklus I mencapai 49,8% dengan kriteria mulai berkembang dan pada siklus II meningkat menjadi 81,2% dengan kriteria berkembang sangat baik. langkah-langkah yang di tempuh untuk meningkatkan kemampuan bahasa melalui media boneka tangan yaitu sebagai berikut: 1) guru bercerita menggunakan boneka tangan, 2) guru membagi anak menjadi beberapa kelompok 3) guru memberi motivasi dan reward berupa pujian agar anak selalu semangat.

Full Text:

PDF

References


Ai, Sutini dkk. 2019. Model Pendidikan Karakter Berbasis Literacy Gardens Di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1

Aini, Qurratun. 2018. Penerapan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Di Paud Elfa Pirak Bereunueun Kabupaten Pidie. Universitas Islam Negeri Ar-Ranry

Ari, Desyan. 2017. Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Outbound Di TK Kemala Bhayangkari Kecamatan Ngawean Kabupaten Blora. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Firdaus, Ma’Rifatul . 2019 Pengaruh Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Meduran Persatuan Meduran Manyar Gresik.. Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Madyawati, Lilis,. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyani, Novi 2018. Perkembangan Dasar Anak Usia Dini.Yogyakarta. Penerbit Gava Media

Nurkhasanah, Umi 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Media Big Book Di PAUD Al-Muttaqien Sukabumi Bandar Lampung.. Bandar lampung. Universitas Bandar lampung.

Paizaluddin., Ermalinda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis Dan Praktis. Bandung : Alfabeta

Purnama, Sigit., dkk. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Rahma, Eva. 2019. Pengaruh Penggunaan Boneka Tanga Terhadap Keterampilan Menyimak Isi Dongeng Pada Siswa Kelas II SDI Al-Falah I Petang Jakarta Barat. Jakarta. Universitas Negeri Syarif Hidayatulla.

Rizkiyana, Mar’ah. 2018. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Bergambar Kelompok A Di TK Aisyiah Bustanul Athfal Wates Gadingrejo Pringsewu. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sadaruddin, S., Intisari, I., Hajerah, H., Amri, N. A., & Mariyani, M. (2022, April). Kinesthetic Learning Development Methods to Train Fine Motors for Early Childhood. In 1st World Conference on Social and Humanities Research (W-SHARE 2021) (pp. 229-234). Atlantis Press.

Sari, Lupita Resti. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B1 Di TK Aba Dukuh Gedongkiwo Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, Novtrya Meta. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Di Kelompok B TK Yasporbi Kota Bengkulu. Bengkulu. Universitas Bengkulu

Sariguam, Putri Indah. 2017. Efektifitas Pemanfaatan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas III MIN Likuboddong Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. (UIN) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Endang Elfrida, Tasrif Akib, Sri Sufliati Romba

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak USia DIni (PGPAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas MUhammadiyah Makassar