Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggambar di TK Pelangi Kecamatan Gantarang Bulukumba

Intisari Intisari

Abstract


Masalah yang dikaji adalah bagaimana meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan tujuan untuk meningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar di Taman Kanak-kanak Pelangi Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah kegiatan menggambar dan kemampuan motorik halus anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisi kualitatif yang terdiri dari: mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan I memperoleh hasil persentase pada kategori baik 40%, kategori cukup 35% dan kategori kurang 25%. Pada pertemuan II hasil persentase mengalami kenaikan pada kategori cukup dengan pembagian kategori baik 40%, cukup 40% dan kategori kurang 20%. Pada siklus II dengan dua kali pertemuan kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan baik dengan persentase 80% pada kategori baik dan 20% pada kategori cukup. Dengan pencapaian indikator dengan baik, sehingga kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan menggambar sudah dapat meningkat.

Full Text:

PDF

References


Anggani Sudono. (2000). Sumber Belajar dan

Alat Permainan (untuk Pendidikan

Anak Usia Dini). Jakarta:

PT.Grasindo.

Bambang Sujiono, dkk. (2007). Metode

Pengembangan Fisik. Jakarta:

Universitas Terbuka

Direktorat Departemen Dasar dan Menengah

Pembinaan Taman Kanak-kanak dan

Sekolah. (2007). Pedoman

Pembelajaran Bidang Pengembangan

Seni di Taman Kanak-Kanak. Jakarta.

Endang Rini Suhanti. (2001). Diktat

Perkembangan Motorik. Yogyakarta:

FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamdani, Agus. 2010. Melatih Motorik halus

Anak Dengan Menggambar. (Online

htpp/ www. Blogspot.arnet 66 com

akses 29 September 2011)

Hildayani, Rini Dkk. 2007. Psikologi

Perkembangan Anak. Jakarta:

Universita Terbuka

Hurlock, B Elizabeth. 2002. Perkembangan

Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga

Noorlaila, Iva. 2010.Kreatif Mendidik dan

Bermain Bersama Anak. Yogyakarta

Pinus.

Mudjito. 2007. Model Pengembangan

Keterampilan Motorik Anak Usia

Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan

Nasional

Pamadhi Hajar. 2008. Seni Keterampilan

Anak. Jakarta: Universitas terbuka

Papalia, Dkk. 2009. Human Developmen

(Perkembangan Manusia ) Edisi 10

Buku I. Jakarta : Salemba Humanika.

Slamet Suyanto. (2003). Konsep Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini.

Yogyakarta: UNY.

Soemiarti Patmonodewo. Buku Ajar

Pendidikan Prasekolah Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Proyek Pendidikan Tenaga

Akademik.

Sugiyono.(2007). Metode dan Penelitian

Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung:

Alfabeta.

Sumanto (2006). Pengembangan Kreatifitas

Seni Rupa Anak Sekolah Dasar.

Departemen Pendidikan Nasional

Direktor Jendaral Pendidikan Tinggi,

Direktorat Ketenagaan.

Sudijono, Bambang Dkk. 2005 Metode

Pengembangan Fisik.Jakarta.

Suharmin Arikunto, 2010 .Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta Rineka Cipta.

Undang-Undang RI No. 21 Tahun 2003

tentang “Sistem Pendidikan Nasional”

Yamin Martinis, Sanan jamilah Sabri, 2010.

Panduan Pendidikan Anak Usia Dini,

Jakarta:Gaung Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Intisari Intisari

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak USia DIni (PGPAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas MUhammadiyah Makassar