PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DI KALANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v11i3.9492Keywords:
Penggunaan WhatssApp, Mahasiswa DKV, UNMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media sosial Whatsapp di kalangan mahasiswa program studi desain komunikasi visual universitas negeri makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah Mahasiswa aktif Prodi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Makassar yang menggunakan aplikasi Whatsapp. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial Whatsapp pada mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang tampak dari segi penggunaannya yaitu mulai dari durasi penggunaan media sosial Whatsapp, kemudian situasi dan kondisi atau dalam keadaan tertentu mereka menggunakan media sosial whatsapp, serta pilihan isi media yang digunakan oleh Mahasiswa ketika menggunakan aplikasi Whatsapp. Implikasi dalam penelitian ini adalah hendaknya fitur-fitur yang digunakan saat menggunakan media sosial Whatsapp dapat memberikan dampak yang positif bagi mahasiswa terutama berbagi informasi dan berinteraksi; hendaknya mahasiwa lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial Whatsapp seperti mampu memilah informasi yang baik; dan sebaiknya ketika menggunakan media sosial Whatsapp sewajarnya saja dan lebih banyak membaca buku.
References
Adityawarman, Mac. Hoax dan Hate Speech di Dunia Maya. Medan: Lembaga Kajian Tonggak Tuo, 2019.
Bugin, Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana, 2015.
Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016
Hutahayan, Benny. Peran Kepemimpinan Spiritual dan Media Sosial Pada Rohani Pemuda di Gereja Batak Karo Protestan. Jogjakarta: CV Budi Utama, 2012.
Kriyantono, Rachmat. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2006.
—. Teori Teori Public Relation Perspektif Barat dan Lokal. Jakarta: Kencana, 2014.
Lexy, J Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2009.
Morissan. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2013.
Pujileksono, Sugeng. Metode Penelitian Komunikasi. Malang: Kelompok Intrans Publishing, 2016.
Puspita, Yesi. “Pemanfaatatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan Transasksi Pelacur Gay.” Jurnal Pekkommas 2, 2015.
Rahartri. “Whatsapp Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah Di Kawasan Puspitek).” Jurnal Visi Pustaka 151, 2019.
Silalahi, Ulber. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Rafika Aditama, 2012.
Stephen W Little John, Karen A Foss. Ensiklopedia Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana, 2016.
Syamsuddin. Dasar Dasar Teori Metode Penelitian Sosial. Ponorogo: Wade Grup, 2017.
Watie, Erika Dwi Setya. “Komunikasi dan Media Sosial.” Jurnal The Mesengger 69, 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.