PENGGUNAAN DIGITAL BOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK SMA NEGERI 11 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v11i3.9406Keywords:
Kata kunci, Digital Book, Web Offline, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Digital Book berbasis web offline dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Makassar. Sampel penelitian ini berjumlah 36 orang siswa yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dan teknik tes. Analisis data menggunakan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa skor yang di peroleh adalah sebesar 0,7 yang berada pada kategori tinggi, dan penggunaan digital Book berbasis web offline di peroleh nilai efektivitas sebesar 77,4%, sehingga dapat di simpulkan bahwa penggunaan digital Book berbasis web offline sangat efektif dalam menunjang mata pelajaran Sejarah, karena digital Book berbasis web offline ini mudah di akses tanpa koneksi internet. Dengan demikian penggunaan digital Book berbasis web offline efektif dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Makassar.References
Ainina. 2014. Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran
Sejarah. Ijhe (Indonesian Journal Of History Education), Vol.3. No.1
Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The Influence Of The Application Of Power
Point Learning Media On ICT Learning Outcomes. Jurnal Galeri
Pendidikan, 1(01).
Arsyad. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Ausubel, D. 2010. Educational psychology: a cognitive view. New York: Holt, Rinehart
and Winston
Ayu, S., & Rosli, M. S. B. (2020). Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA
(Sistem Pembelajaran dalam Jaringan). Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas
keguruan dan ilmu pendidikan, 6(1), 145-155.
Azizah, Riza Mufidah. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web
offline Pada Pelajaran Ipa Matei Bumi Dan Gerakannya Kelas VI MI
Miftahul Huda Ngasem Ngajum Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakulultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
I Gde Widja. 2010. Sejarah Lokal Suatu Perspektif Dalam Pengajaran Sejarah.
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kahar. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajarn Berbasis Web offline
Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII Mts DDI Cilellang.
Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar. Makassar.
Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan
Dasar dan Menengah
Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil
Belajar Siswa Smp Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal
Kependidikan Media, 11(2), 65-74.
Seamolec. 2013. Buku Sumber Simulasi Digital Versi September 2013: Upaya Mengkomunikasikan Gagasan Atau Konsep Melalui Presentasi Digital. Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.