PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Rizal Arizaldy Ramly, Sadriana Ayu

Abstract


Penelitian ini diharapkan dapat memutuskan dampak penggunaan media sosial terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 16 Makassar. Penelitian Kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah metode studi telaah literatur. dokumentasi salah satu informasi hasil belajar siswa menggabungkan nilai tes siswa berdasarkan Norma Publik. tes kambuh dasar yang digunakan dalam pemeriksaan informasi ulasan ini. Penelitian menunjukkan bahwa ada dampak besar dalam pemanfaatan sosial media terhadap hasil belajar yang kurang baik. Dari konsekuensi eksplorasi primer yang dipimpin oleh peneliti mendapatkan hasil yang menyatakan bahwa pemanfaatan media sosial dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Selain itu, terdapat banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Bagian ini dapat muncul dari perspektif eksternal dan dalam pemanfaatan media sosial. Fakta yang mempengaruhi hasil belajar siswa membuat sosial medial menjadi variabel eksternal. Belum banyak siswa yang sering memanfaatkan sosial media, membuat hasil belajar menjadi menarik dan hasil belajar menurun.

Keywords


Kata Kunci: Media Sosial, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Akram, W. & Kumar, R. (2017). A Study on Positive and Negative Effect of

SocialMedia on Society. ResearchGate: Journal, 5(10), 347-350.

Ananda, L. A. (2018). Memahami Eksistensi Manusia Melalui Media Komunikasi.

Jurnal Kawistara.

Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The Influence Of The Application Of Power

Point Learning Media On Ict Learning Outcomes. Jurnal Galeri

Pendidikan, 1(01).

Ayu, S., & Rosli, M. S. B. (2020). Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA

(Sistem Pembelajaran dalam Jaringan). Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas

keguruan dan ilmu pendidikan, 6(1), 145-155.

Azwar, S. (2015). Tes Hasil: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Hasil Belajar,

Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bahrudin., & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Cet

I.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Chris Brogan .(2010). Social Media 101Tactic and Tips to Develop Your

BusinessOnline. Cananda: wiley.

Damyati & Mudjiyono.(2013).Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Reneka Cipta.

Daryanto.(2012). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Hanafi, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap

MotivasiBelajar Mahasiswa Fisip Universitas Riau. Jom Fisip.

Haq, A. Motivasi Belajar dalam Meraih Hasil. Vicratina: Jurnal Pendidikan

Islam,3(1), 207.

Khoiriyyah,Thohari,Jazari. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota

Malang. Jurnal Pendidikan Islam.

Kung.(2017). Social Media Their Use in Learning: A Comperative Analysis

Between Australia and Malaysia From the learners’ Perspectives.

Australasian Journal of Educational Technology,33 (1) halaman 3.

Marini,R.(2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di

SMPN 1 Gunung Sugih KAB. Lampung Tengah. UIN Lampung.

Nasrullah Rulli. (2017). Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya dan

Sosiotekhnologi).(Bandung : Simbiosa Rekatama)

Novatin. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa

SMP. FKIP UNTAN Pontianak.

Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil

Belajar Siswa Smp Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal

Kependidikan Media, 11(2), 65-74.

Rosdakarya. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya,

Edisi Revisi.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Siaran Pers (2018). Jumlah Pengguna Internet 2017 Meningkat, Kominfo akan

Terus Lakukan Percepatan Pembangunan Broadband. Jakarta: Biro Humas,

Kementrian Kominfo (Online).

Sudjana.(2017).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R

&D.Bandung:Alfabeta.

Susilowati, Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding di

Instagram(studi deskriptif kualitatif pada akun @bowo_allpennliebe),

Jurnal Komunikasi, 9(2)

Esto, Daud, Ilyas. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil

Belajar Peserta Didik Jurusan IPA SMAN I Talibura. Jurnal Pendidikan

Fisika.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v11i3.9405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kependidikan Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)