PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR

Sadriana Ayu, Almukarramah Almukarramah

Abstract


Pembelajaran online dapat didefinisikan sebagai upaya menghubungkan siswa dengan sumber belajar (guru, perpustakaan) yang secara fisik terpisah atau bahkan berjauhan. tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar siswa MTs Muhammadiyah Lempangang kabupaten Gowa. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa MTs Muhammadiyah Lempangang yang berjumlah 211 siswa dan sampel sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dari 50 siswa yang mengisi form, ada 32 siswa atau 64% siswa yang merasakan kebosanan mengikuti pembelajaran online dan 18 siswa masih dalam keadaan santai atau tidak mengalami kebosanan pada saat mengikuti pembelajaran online. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran online sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa MTs Muhammadiyah Lempangang. sal ini dikarenakan Siswa merasa bosan karena siswa tidak bertemu dengan teman maupun guru secara langsung dan siswa merasa cemas ketika kehilangan sinyal selama ujian.

Keywords


kata kunci: pembelajaran online, minat belajar

Full Text:

PDF

References


Abdulhak, Ishak. Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Kencana

Chandrawati, Sri Rahayu.2010. Pemanfatan E-Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, Volume8.nomor 2.

Djaali.2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Edwin, 2020. Dampak Media Pembelajaran Zoom Bagi Minat Belajar Mahasiswa Stt Sangkakala.Jurnal Tarbiyah, (2020):5-6.

Goretty Sarahutu, Maria. 2020. Pembelajaran Online, Minat Belajar, Dan Kehidupan Sehaari-Hari Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sanat Dharma Di Tengah Covid-19. Google Cendekia,2 (2): 11-17.

Hirdra, Nurfarini. 2020. Pengaruh Kuliah Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Samarinda. Google Cendekia, 2 (2): 123-125.

Kismawan Ardi, 2019. Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Smp N 4 Metro Tp. 2018/2019. Google Cendekia, (2019):2-5.

Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta

nursalam. 2008. Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Rachmawati, Tutik dkk. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Slameto. 2015. Belajar dan Factor-faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: renika Cipta.

Sujana, Nana. 2015. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Unismuh, FKIP. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press

Wahyudi. Husna, Difa’ul. 2017. Pendidikan Kemuhammadiyahan. Yogyakarta: Gramasurya

Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

------ (https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-e-learning/, diakses 23 Maret 2021)’

------ Manajemen Pendidikan, (Onine), (https://www.silabus.web.id/minat-belajar, diakses 23 Maret 2021).

-------. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i3.9399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kependidikan Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)