PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII PADA SMP NEGERI 2 PANGKAJENE TENTANG ENERGI

Saparuddin Saparuddin

Abstract


Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPA denganmenerapkan metode inkuiri.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi metode inkuiri dalam meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa Kelas VII pada SMP Negeri 2 Pangkajene dalam pembelajaran IPA.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pangkajene pada siswa Kelas VII semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklusterdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas VII pada SMP Negeri 2 Pangkajene dalam materi Energi, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran.

Keywords


Metode Inkuiri, Pemahaman Siswa, Energi

Full Text:

PDF

References


Amatembun, NA. 1989, Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru, Bandung : FIP IKIP Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 1982, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rieneka Cipta.

Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). THE INFLUENCE OF THE APPLICATION OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON ICT LEARNING OUTCOMES. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).

Djamarah. 2006. Efektivitas Media Pembelajaran. Jakarta: Rosdakarya. Hidayat, Agus. 2007. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Angkasa.

Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi WhatsApp sebagai upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 147-159.

Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). PENGGUNAAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 CAMPALAGIAN POLEWALI MANDAR. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.

Panjaitan, Theodora. 2005. Pemilihan Metode dalam Pembelajaran.

Surakarta: Tiga Serangkai.

Permana, Johar, dkk. 2000. Metode Inkuiri. Yogyakarta: UGM Permen Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi, BSNP




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v11i2.8985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kependidikan Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)