KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA SOMBA OPU

Irianti Irianti, Irmawati Tahir

Abstract


Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian expost facto, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi. Prosedur dalam penelitian ini meliputi mengidentifikasi permasalahan, merumuskan masalah, menentukan tujuan dan manfaat penelitian, melakukan studi pustaka, menentukan kerangka pikir, mendesain metode penelitian, mengumpulkan dan menganalisis data menggunakan statistika yang relavan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dengan jumlah guru sebanyak 14 orang dan jumlah siswa sebanyak 14 orang di SMA Somba Opu Kabupaten Gowa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan observasi langsung, dengan menggunakan alat pengujian SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, variabel kepribadian guru berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa. Hal ini diketahui dengan melihat tingkat signifikan sebesar 0.037<0.05. pengaruh variabel kepribadian guru (x) terhadap karakter siswa (y) tergolong sangat kuat, dibuktikan dengan

nilai koefisien determinansi yakni r2 = 0,561 atau 56.1% dan selebihnya 43.1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.


Keywords


Kepribadian Guru, Karakter Siswa

Full Text:

PDF

References


Albertus, Koe Soema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik: Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo

Arikunto, s. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). THE INFLUENCE OF THE APPLICATION OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON ICT LEARNING OUTCOMES. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).

Ayuningtyas, Ayu . 2016. Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Yogyakarta PGSD FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Ayu, S. (2017). Pengaruh Otonomi Pendidikan terhadap Peningkatan Mutu SMA Unismuh Makassar (Doctoral dissertation, Muhammadiyah University Makassar).

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 2003, Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

E. Mulyasa. 2017. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Heri Gunawan. 2012. Pendidikan karakter konsep dan impementasi.

Bandung: Afabeta.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Maya, Dian. 2016. Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembentukan

Karakter Siswa Kelas 3a Sdn 1 Gedingkiwo Yokyakarta.

Yokyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta

Ramayulis. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta Kalam Mulia

Ramly, R. A. (2022). Peran Komunikasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Yang Berakhlakul Karimah. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 25-37.

Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi WhatsApp sebagai upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 147-159.

Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). PENGGUNAAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 CAMPALAGIAN POLEWALI MANDAR. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.

Rochman, Heri Gunawan. 2016. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru. Bandung Penerbit Nuansa

Samani, Muchlis, Hariyanto. 2011. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Siswoyo Dwi, Dkk. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuntitatif Dan RND Bandung. Alfabetc Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabert: Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabert.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v11i2.8976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kependidikan Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)