PENGARUH APLIKASI QUIPPER SCHOOL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMK NEGERI 8 SIDRAP

Hasni Hasni, Syarifuddin Cn. Sida, Firdaus Firdaus

Abstract


Penelitian ini adalah dengan metode Quasi Experimentdengan model One group pretest and Posttest design. Yang menggunakan perlakuan dan pengukuran terhadap 1 kelas dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ yang berjumlah 20 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa, dan angket untuk melihat pengaruh kelas eksperimen. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskrkiptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan pengaruh minat belajar siswa yang diajarkan menggunakan media aplikasi quipper school di kelas X TKJ SMK Negeri 8 Sidrap, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa nilai thitung>ttabel yaitu 0,000>0,005. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima Artinya ada pengaruh media aplikasi quipper school terhadap minat belajar siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk pemanfaatan media aplikasi quipper school bisa lebih dimaksimalkan. Guru diharapkan mampu memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, tujuan yang harus dicapai, waktu yang tersedia, sarana dan perasarana yang dimiliki.

Media Aplikasi, Minat Belajar Siswa, Quipper School.


Keywords


Media Aplikasi, Minat Belajar Siswa, Quipper School.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. Widodo, Supriyono. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alwi, Hasan, dkk. 2005. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Ariani, Niken. Dany, Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Aritonang, 2008. “Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Penddikan Penabur-No.10/Tahun Ke-7/Juni2008.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). THE INFLUENCE OF THE APPLICATION OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON ICT LEARNING OUTCOMES. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).

Aswan, Dedy. 2018. Pengaruh Pemamfaatan Media E-learning Quipper School Terhadap Hasil Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Majene. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Ayu, S. (2017). Pengaruh Otonomi Pendidikan terhadap Peningkatan Mutu SMA Unismuh Makassar (Doctoral dissertation, Muhammadiyah University Makassar).

Babadu, j.s. Zain. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Darmawan, Deni. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Duniapelajar.com. 2014. Pengertian Pengaruh Menurut Para Ahli, (Online) http:/www.duniapelajar.com/2014/08/07/pengertian-pengaruh- menurut-para-ahli/, diakses pada 21 November 2015 pukul 21.15.

Enco Mulyasa. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fatimatur, Evi. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Huda, Niamul. 2014. Definisi Minat Belajar (Online) http://hijaujaya.blogspot.com/2014/12/makalah-definisi-minat- belajarhtml?m=1, diakses 7 desembember 2019.

Karmila, Nining. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quipper School Terhadap Minat Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 10 Bulukumba. Makassar: UIN Alauddin Makasar.

Karwono. Heni, Mularsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Louis, Gottschalk. 2000. Mengerti Sejarah. Depok: Universitas Indonesia. Muhibbin, Syah. 2008. Psikologi Pendidikan Bandung: BaruRemaja

Rosdakarya.

Purwanto W Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rasya Karya.

Quipper.htp:/www.quipper.com/products/quipper-school diakses tangga diakses 7 desembember 2019.

Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). PENGGUNAAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 CAMPALAGIAN POLEWALI MANDAR. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-7

Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi WhatsApp sebagai upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 147-159.

Rizki. dkk. 2015. Keefektifan Penerapan E-learning Quipper School pada Pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri 2 Surakarta. Surakarta: UNS Surakarta.

Safei. 2011. Media Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.

Slamento. 2007. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta:

Rineka Cipta.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Trisnaningsih, Sari. 2016. Pengembangan Learning Management System Quipper SchoolPada Pembelajaran Materi Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Yogyakarta: UNY Yogyakarta.

Uno, Hamzah, B. 2016. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan

Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijaya, Wina. 2001. Strategi Pembelajaran. Bandung: Prenda Media Goup.

Yosi, Abdian, Tindo. 2015. Pengertian Pengaruh (Online) http://yosiantindaon.co.id/2012/11/pengertian-pengaruh.html, diakses pada diakses 7 desembember 2019.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v11i2.8975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kependidikan Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)