PENGGUNAAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 CAMPALAGIAN POLEWALI MANDAR

Rizal Arizaldy Ramly, Ilham Ilham

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu perkembangan teknologi yang semakin maju dan berkembang siswa diharapkan mampu untuk menggunakan teknologi media pembelajaran Quipper School untuk memudahkan proses pembelajaran secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Quipper School terhadap hasil belajar siswa kls VII di SMPN 2 Campalagian. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Campalagian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMPN 2 Campalagian Polewali mandar yang berjumlah 59 orang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 59 orang dengan menggunakan teori sampling jenuh Sugiyono. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian kuesionerdan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan SPSS Versi 24. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran Quipper School berpengaruh negatif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMPN 2 Campalagian polewali Mandar


Keywords


Quipper School, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). THE INFLUENCE OF THE APPLICATION OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON ICT LEARNING OUTCOMES. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).

Asrofi, Ghulam, 2018. Pemamfaatan e-learning schoololeh guru dan siswa untuk optimalisasi pembelajaran di MAN 1 Ponorogo. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Baharuddin, dan Esa Nur Wahyuni.2010.Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Dimyati dan Mudjiono. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2008). Strategi belajar mengajar. Bandung: Rineka cipta

Dwi Hurriyati, Desy Arisandy, (2018), Pengaruh Penggunaan Media Belajar Quipper School Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa The Influence Of Quipper School To The Interest Of Learning Mathematics Among, Jurnal Psikogenesis, Volume 6, No.2, Desember 2018

Mason, Robin , dan Frank Rennie (2009) Serial konsep-konsep kunci e learning panduan lengkap memahami dunia digital dan internet. Yogyakarta: Pustaka Baca

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. Yogyakarta: Gava Media

Rahmawati (2015), keefektifan penerapan e-learning – Quipper School pada pembelajaran akuntansi SMA Negeri 2 Surakarta

Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi WhatsApp sebagai upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 147-159.

Supriono dan Widodo.1999. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Usman. Moh user, 2008, strategi pembelajaran, Jakarta, Erlangga




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v11i2.8723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kependidikan Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)