PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTs MUHAMMADIYAH KALOSI KAB.ENREKANG

Hadis Hadis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MTs Muhammadiyah Kalosi Kabupaten Enrekang. Metode yang digunakan metode eksperimen dengan bentuk quasi experimental (eksperimen semu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dilihat dari hasil rata-rata atau mean  pretest dan posttes yaitu pretest 63.84% sedangkan posttest 81.12%, hal tersebut diperoleh dari  = 1,348 dengan  1,299 dan taraf signifikansi α = 0,05. Melalui uji hipotesis yakni1,348 > 1,299 sehingga hipotesis alternative diterima yaitu terdapat pengaruh siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan siswa yang tidak menggunakan model tersebut. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan Hasil Belajar IPA siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Kalosi terdapat pengaruh dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

B.Johnson, Elaine. 2014. Contextual Teaching & Learning Bandung: Penerbit Kaifa

Harlen, 2006. Karakteristik Utama IPA (eprints.uny.ac.id/9741/5/BAB2-08108244136.pdf.)

Harre, Rom. 2008. Pengantar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) (eprints.uny.ac.id/9741/5/BAB2-08108244136.pdf.)

Hasbullah, 2008, Dasar-dasar ilmu pendidikan, Jakarta: Gema insani Press.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2001. Jakarta. Balai Pustaka.

Mulbar, Usman. 2008. Pembelajaran Realistis yang Melibatkan Metakognisi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Surabaya: Perpustakan Pascasarjana UNESA, Disertasi. Dikutip tanggal 19 April 2020.

Mulyasa. E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi; konsep, Karakteristik dan Implementasi Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nunik Wahyunita Sari. 2015. “pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning. Dikutip tanggal 4 April 2020

Rubiyanto. 2004. Buku Pendidikan Lengkap. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group

Sudjana, Nana. 2019. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Kualiatatif dan R+D Bandung: Alfabeta.

Sulima. 2014. Pengaruh model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa smkn 1 sidoarjo. Skripsi diterbitkan. Universitas Muhammadiyah sidoarjo. Dikutip 4 April 2020.

Suprijono. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syah Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Syaodih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v11i1.8001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)