PENGARUH E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTs YAPNI BONTO TAPPALANG KABUPATEN BANTAENG

Asdarina Asdarina

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII MTs Yapni Bonto Tappalang kabupaten Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh medi e-learning berbasis edmodo terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII MTs Yapni Bonto Tappalang kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Dengan pemilihan sampel penelitian cluster random sampling. Populasi penelitian ini kelas VII dan VIII MTs Yapni Bonto Tappalang dan kelas VII sebagai sampel atau kelas eksperimen. Perhitungan data menggunakan analisis statistik inferensial dengan bantuan IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil peneltiian diperoleh bahwa kelas eksperimen sebelum menggunakan media e-learning berbasis edmodo berubah setelah menggunakan media e-learning edmodo. Dengan nilai rata-rata pretest 56,57 dan posttest 75,11. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media e-learning berbasis edmodo dapat berpengaruh pada kemandirian belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Budi, Kartika. 2001. Berbagai Strategi untuk Melibatkan Siswa Secara Aktif dalam Proses Pembelajaran Fisika di SMU, Efektivitasnya dan Sikap Mereka pada Strategi tersebut. USD : Widya Dharma edisi April 2001.

Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan E-learning: Teori dan Desain. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Indrakusuma, dkk. 2016. E-Learning: Teori dan Desain. Bahan Ajar.

Indrawan, Irjus. Wijoyo, Hadion. dkk. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Karwono. Mularsih, Heni. 2018. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Kuranto. 2018. Pembelajaran Asyik Menggunakan Edmodo. Bahan Ajar.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta.

Pranoto. dkk. 2009. Sains dan Teknologi : Berbagai Ide Untuk Menjawab Kebutuhan dan Tantangan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ratumanan. Rosmiati, Imas. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajran: Mengembang kan Profesionalime Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Surjono, Dwi, Herman. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangannya. Yogyakarta: UNY Press.

Sumardiono. 2013. Pembelajar Mandiri: Self Directed Learning. E-book: Rumah Inspirasi dan Bentang Ilmu.

Suryani, Nunuk. dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v11i1.7998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)