IMPLEMENTASI KELAS MULTIMEDIA SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

Aripuddin Thalib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kelas multimedia di SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas multimedia merupakan salah satu program di SMP Negeri 1 Sungguminasa kelas multimedia ini merupakan kelas unggulan, program kelas multimedia ini dibentuk sebagai ciri dari sekolah dari sekolah dan menjadi pembeda dengan sekolah lain. Proses dalam kelas multimedia ini dimuai dengan penyeleksihan siswa yang dimana memiih siswa yang memiliki prestasi maupun nilai yang tinggi dari hasil tes masuk di SMP Negeri 1 Sungguminasa. Adapun faktor pendorong dan peghambat dalam dalam program ini dimana salah satu pendorongnya yakni sekolah sudah menyiapakan beberapa alat yang disediakan dikelas sebagai penunjang dalam pembelajaran serta penghambatnya yakni masih ada beberapa siswa yang tidak memiliki laptop padahal sudah diketahui bahwa kelas ini diwajibkan untuk siswanya memiliki laptop.


Full Text:

PDF

References


Baahrun, Murniati, R. S. P. (2017). Strategi peningkatan mutu pendidikan pada SMA negeri 3 meulaboh kecamatan johan pahlawan kabupaten aceh barat. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(3), 161–166.

Cut, F., Muniarti, A., & Nasir, U. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam pengelolaan Pembelajaran Di MTs Muhammadiyah Banda Aceh 88-95

Direktorat Jenderal Pendidikan, D. dan M. (n.d.). Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah

Ekawati Y, 2017. Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan di SD Negeri 1 Bantul. 67-72

Fadli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu. 1(02), 26.

Husmita husman, 2020. Dalam penelitiannya yang berjudul “Implementasi kebijakan sekolah rujukan di smp negeri 1 taliabu barat dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Jejen Musfah,2018.Analisis Kebijakan Pendidikan : Mengurai krisis karakter bangsa, Jakarta timur : KENCANA

Kemendikbud, 2016. Panduan pembinaan dan pengembangan sekolah rujukan pada sekolah menengah pertama

Kurniawan, N.2017. Pengaruh standar sarana dan prasarana terhadap efektifitas pembelajaran di Tk Al-Firdaus. Jurnal warna : Jurnal pendidikan dan pembelajaran anak usia dini,14-26

Miles, dkk, 2014. quadlitative data analysis,a methods sourcebook-third edition. London : Sage Publication,inc

Miles, Ma. B., & Huberman, M. A. (1994). Data Management and Analysis Method. In Handbook of Qualitative Research.

M.Hasbullah, 2015. Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi ,dan Kondisi Objektif pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Nasrudin, & Maryadi. (2018). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam pembelajaran di SD. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13 (1), 15–23

Nasrullah, M. (2015). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Berbasis Teknologi Informasi di Universitas Negeri Makassar. 5(1), 53–63.

Peraturan Pemerintah RI No 32 Tahun 2013. (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013. The World Economy, 30 (11), 1662–1681. https://doi.org/10.1161/01.STR.32.1.139

Purwadi Sutanto, 2016. Konsep dan Pengembangan SMA Rujukan. Oleh : Kemendikbud

Qurban Hajar,2020. Implementasi kebijakan peningkatan profesionalisme guru smp negeri 3 Hu,u kabupaten dompu nusa tenggara barat

Ramdhani, A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. (February)

Rika, M. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan KUuakitas Pembelajaran di SMPN 5 BUKITTINGGI. 2, 636–648

Rusdiana, 2015. Kebijakan pendidikan dari filosofi ke implementasi, Bandung : Pustaka Setia

Sudiyono, 2017. Buku Ajar: dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: FIP UNY

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, interaktif dan konstruktif, Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2015 Metode Penelitian Pendidikan: Pendekata Kuantitat Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v11i1.7991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)