UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX PADA SMP NEGERI 1 SUPPA TENTANG EKONOMI KREATIF MELALUI IMPLIKASI METODE INKUIRI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi metode inkuiri dalam meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam pembelajaran IPS. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suppa pada siswa kelas IX semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam materi Ekonomi Kreatif, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Amatembun, NA. 1989, Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru, Bandung : FIP IKIP Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 1982, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rieneka Cipta
Danim, Sudarwan. 1975, Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.
Djamarah. 2006. Efektivitas Media Pembelajaran. Jakarta: Rosdakarya.
Hidayat, Agus. 2007. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Angkasa.
Kolamalasari, Kokom. 2008. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Refika Aditama.
Panjaitan, Theodora. 2005. Pemilihan Metode dalam Pembelajaran. Surakarta: Tiga Serangkai.
Permana, Johar, dkk. 2000. Metode Inkuiri. Yogyakarta: UGM
Petrus, Abel. 2006. Pranata-ekonomi kreatif. Makassar: Makassar Press.
Reptih, Minarni. 2005. Komposisi Penduduk. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i3.7990
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
View My Jurnal Kependidikan Media Stats
Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)