UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV PADA SD NEGERI 23 JAPING-JAPING TENTANG PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Hj. Sitti Hadiah

Abstract


Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV pada SD Negeri 23 Japing-Japing dalam Penjumlahan Pecahan Melalui Pembelajaran Kooperatif.

Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran kooperatif.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui  kontribusi penerapan pembelajaran kooperatif terhadap peningkatkan pemahaman, dan sikap positif siswa Kelas IV pada SD Negeri 23 Japing-Japing dalam pembelajaran matematika, khususnya materi penjumlahan pecahan.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 23 Japing-Japing pada siswa Kelas IV semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan, yaitu penyajian materi dan tes akhir siklus. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I prestasi hasil belajar, yaitu hanya terdapat 16,67 % dari 18 siswa yang mencapai indikator penelitian yang ditetapkan, dan pada siklus II  meningkat menjadi 100 %. Demikian juga Sikap belajar siswa pada siklus I mencapai rerata  70,83 persen kemudian meningkat menjadi 97,22 persen pada siklus II dalam pembelajaran mata pelajaran matematika, khususnya materi tentang penjumlahan pecahan

Full Text:

PDF

References


Kemmis, S,R.Mc.Taggat. 1998. The ection Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Moleong, 2001, A Comparison of Inquiry and Worked Example Web-Based Instruction Using Physlets. Dalam Computers & Education.

Moelino, 1997. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja.

Sukayati. 2003. pecahan : pelatihan supervisi pengajaran untuk sekolah dasar tanggal 2 juli 2003 di PPPG matematika Yogyakarta.

Tahir Suhaidah. 2006.pemahaman konsep pecahan dalam tiga kelompok pelajar secara keratan lintang : tesis Universiti Teknologi Malaysia

Prof. DR. Rochiati Wiriaatmaja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. UPI : Bandung.

Russeffendi (2006:208), Montessori Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Pustaka Dela Pratasa.

Sudarman, 2002, Berbagai Metode dalam pengajaran, Bandung. CV. Pustaka Pelajar

Yohanes, 1991. Penelitian Tindakan Kelas. UT.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i3.7989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)