MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 361 LAMPULUNG TENTANG ORGAN PERNAPASAN HEWAN MELALUI IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN NHT
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2018 sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.
Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan Model Pembelajaran NHT.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa Kelas V pada SDN 361 Lampulung dalam pembelajaran IPA, khususnya materi organ pernapasan hewan.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 361 Lampulung pada siswa Kelas V semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran NHT dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa kelas V pada SDN 361 Lampulung dalam materi organ pernapasan hewan.
Full Text:
PDFReferences
Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung
Arief, A. 1994, Hutan Hakekat dan Pengaruhnya Terhadap Lingkungan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
BSNP. 2006. Permen Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standard Kompetensi Lulusan untuk Pendidikan Dasar dan menengah, Jakarta
Iskandar, Sri M. 2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Maulana.
Kurniawan, Deni. 2011. “Pembelajaran Terpadu”. Bandung. CV Pustaka Cndekia Utama.
Rusyan, T dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya
Samatowa, Usman. 2011.”Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”. Jakarta: PT Indeks.
Sulistyorini, Sri. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta : Tiara Wacana
Usman, M.U. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wahyono, Budi, dan Setya Nurachmandani. 2008. “Ilmu Pengetahuan Alam 4 Untuk Sd Mi Kelas 4”. Jakarta: Pusat Perbukuan,Departemen Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i3.7988
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
View My Jurnal Kependidikan Media Stats
Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)