MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 361 LAMPULUNG TENTANG ORGAN PERNAPASAN HEWAN MELALUI IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN NHT

Sanul Yakin

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2018  sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.

Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan Model Pembelajaran NHT.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa Kelas V pada SDN 361 Lampulung dalam pembelajaran IPA, khususnya materi organ pernapasan hewan.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 361 Lampulung pada siswa Kelas V semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran NHT  dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa kelas V pada SDN 361 Lampulung dalam materi organ pernapasan hewan.

 


Full Text:

PDF

References


Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung

Arief, A. 1994, Hutan Hakekat dan Pengaruhnya Terhadap Lingkungan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. 2006. Permen Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standard Kompetensi Lulusan untuk Pendidikan Dasar dan menengah, Jakarta

Iskandar, Sri M. 2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Maulana.

Kurniawan, Deni. 2011. “Pembelajaran Terpadu”. Bandung. CV Pustaka Cndekia Utama.

Rusyan, T dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Samatowa, Usman. 2011.”Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”. Jakarta: PT Indeks.

Sulistyorini, Sri. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta : Tiara Wacana

Usman, M.U. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wahyono, Budi, dan Setya Nurachmandani. 2008. “Ilmu Pengetahuan Alam 4 Untuk Sd Mi Kelas 4”. Jakarta: Pusat Perbukuan,Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i3.7988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)