PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK SEBAGAI UPAYA PENURUNAN TINGKAT PERILAKU AGRESIF SISWA VI PADA SDN 138 BENTENG

Rohani Syamsuddin

Abstract


Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam Bimbingan dan Konseling dengan menerapkan konseling kelompok.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  menurunkan perilaku agresif siswa kelas VI pada SDN 138 Benteng di lingkungan sekolah.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 138 Benteng pada siswa kelas VI semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik konseling kelompok  dapat menurunkan perilaku agresif siswa kelas VI pada SDN 138 Benteng di lingkungan sekolah.


Full Text:

PDF

References


Abidin, ZM, 2019. Mengatasi Perilaku Agresif di Sekolah. http://www.masbied.com. Tanggal 7 September 2017. pukul 14.24.00 WIT.

Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung

Anantasari. 2006. Psikologi Sosial. Jakarta : Gramedia.

Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Damayanti S, 2016. Efektivitas Pemberian Layanan Konseling Kelompok Menggunan Pendekatan Realita. Kediri: Universitas PGRI Nusantara.

Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.

Febryanto G, 2016. Konseling Kelompok Dalam Menangani Perilaku Agresif . Yogyakata: UIN Sunan Kali Jaga.

Kurt Singer. 1991. Psikologi Sosial. Surabaya : Airlangga.

Latipun. 2000. Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Erlangga.

Prayitno. 2004. Pelayanan Konseling di Sekolah Padang : Universitas Negeri Padang.

Sudrajat, Nana. 2008. Pendekatan Dalam Pembelajaran. Bandung: Angkasa.

Sukintaka. 2005. Aneka Pendekatan Dalam Pembelajaran. Jakarta:Mizan

Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i3.7987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)