UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SDN 57 BELAWA TENTANG PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DAN HEWAN MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY

Rahimi Rahimi

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2019 sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.

Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPA pada materi perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan dengan menerapkan model pembelajaran TS-TS.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui kontribusi penerapan model pembelajaran TS-TS terhadap peningkatkan  hasil belajar dan sikap positif siswa kelas VI pada SDN 57 Belawa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan..

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 57 Belawa  pada siswa kelas VI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TS-TS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada SDN 57 Belawa dalam proses pembelajaran khususnya pada materi perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.


Full Text:

PDF

References


Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung

Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Pengelolaan Pembelajaran IPA Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Mengajar dan Belajar IPA, IKIP Malang.

Rusyan, T dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Usman, M.U. 2003. Aneka Model Pembelajaran di Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wijaya, A. Model-model Pembelajaran IPA. Yogyakarta: PPPG

Winarno. 2002. Merancang Model Pembelajaran IPA Berorientasi Pada Pakem dan Pembekalan Kecakapan Hidup. Yogyakarta: P3G Pendidikan jasmani dan olahraga.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i3.7986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)