UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII PADA SMP NEGERI 1 SUPPA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v10i2.7957Abstract
Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam Bimbingan dan Konseling dengan melaksanakan layanan bimbingan sosial.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII pada SMP Negeri 1 Suppa di sekolah.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suppa pada siswa kelas VIII semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan sosial dapat meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII pada SMP Negeri 1 Suppa.
References
Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.
Ahmad. 2006. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.
A. Ahsin Thohari, “Kedudukan Komisi-komisi Negara dalam Struktur Ketatanegaraan Indonesia”, Jurnal Hukum Jentera, Edisi 12 Tahun III, April-Juni 2006.
Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung
Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Kurt Singer. 1991. Psikologi Sosial. Surabaya : Airlangga.
Latipun. 2000. Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Erlangga.
Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook, alih bahasa oleh Rahmani Astuti. Bandung: Mizan Pustaka.
Prayitno. 2004. Pelayanan Konseling di Sekolah Padang : Universitas Negeri Padang.
Sudrajat, Nana. 2008. Pendekatan Dalam Pembelajaran. Bandung: Angkasa.
Sukintaka. 2005. Aneka Pendekatan Dalam Pembelajaran. Jakarta:Mizan
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Wirawan. 1997. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.