UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII PADA SMP NEGERI 1 SUPPA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL
Abstract
Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam Bimbingan dan Konseling dengan melaksanakan layanan bimbingan sosial.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII pada SMP Negeri 1 Suppa di sekolah.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suppa pada siswa kelas VIII semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan sosial dapat meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII pada SMP Negeri 1 Suppa.
Full Text:
PDFReferences
Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.
Ahmad. 2006. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.
A. Ahsin Thohari, “Kedudukan Komisi-komisi Negara dalam Struktur Ketatanegaraan Indonesia”, Jurnal Hukum Jentera, Edisi 12 Tahun III, April-Juni 2006.
Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung
Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Kurt Singer. 1991. Psikologi Sosial. Surabaya : Airlangga.
Latipun. 2000. Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Erlangga.
Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook, alih bahasa oleh Rahmani Astuti. Bandung: Mizan Pustaka.
Prayitno. 2004. Pelayanan Konseling di Sekolah Padang : Universitas Negeri Padang.
Sudrajat, Nana. 2008. Pendekatan Dalam Pembelajaran. Bandung: Angkasa.
Sukintaka. 2005. Aneka Pendekatan Dalam Pembelajaran. Jakarta:Mizan
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Wirawan. 1997. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i2.7957
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
View My Jurnal Kependidikan Media Stats
Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)