MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 PAMMANA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 TENTANG TEXT PROCEDURE MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION

Hj. Kasmini

Abstract


Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pammana Tahun Pelajaran 2018/2019 tentang Teks Procedure Melalui Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  meningkatkan pemahaman, prestasi belajar, dan sikap positif siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Pammana dalam pembelajaran Teks Procedure.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pammana pada siswa Kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran group invesitigation  dapat meningkatkan kemampuan siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Pammana dalam memahami Teks Procedure, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Afini, Nurul. 2001. Text Procedure. Solo: Tiga Serangkai

Amatembun, NA. 1989, Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru, Bandung : FIP IKIP Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 1982, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rieneka Cipta

Earthquake. 2009. Thinking of Text Recount. Makassar: UNM Journal

G.Shane, Harold.2002, Pendidikan Masa Depan, Jakarta : Pustekom

Haliah, Dra. 2004, Pentingnya Profesionalisme Guru, Sengkang : SMU 3.

Musanif. 2007. Langkah-langkah Pembelajaran Model TAPPS. Jakarta: Pustaka Jaya.

Soegen. 2004. Efektive English. Solo: Tiga Serangkai

Soenardi, Rusli. 1979, Profesionalisme Guru, Bandung : Angkasa

Suparno, Paul, DR. 2004, Pendidikan dan Peran Guru, Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Wijaya, Agung. 2005. Model-model Pembelajaran Modern. Bandung: Angkasa




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i2.7956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)