MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV PADA SDN 94 WATAMPANUA TENTANG BERORGANISASI

Hj. Juarni

Abstract


 

Abstrak: Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV pada SDN 94 Watampanua tentang Berorganisasi. Tulisan ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran think pair share.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 94 Watampanua pada siswa kelas IV semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penenerapan model pembelajaran think pair share  dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas IV pada SDN 94 Watampanua dalam materi berorganisasi, dan juga meningkatkan sikap siswa dalam proses pembelajaran. Pada siklus I siswa yang menampakkkan sikap yang baik dalam proses pembelaharan mencapai rerata 70,23 persen kemudian meningkat menjadi 96,43 persen pada siklus II. Demikian juga pada prestasi hasil belajar, yaitu pada siklus I hanya terdapat 4,76 % dari 21 siswa yang mencapai indikator penelitian yang ditetapkan, dan pada siklus II  meningkat menjadi 95,23 %.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1982, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rieneka Cipta

Danim, Sudarwan. 1975, Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Djamarah. 2006. Efektivitas Media Pembelajaran. Jakarta: Rosdakarya.

G.Shane, Harold.2002, Pendidikan Masa Depan, Jakarta : Pustekom

Kolamalasari, Kokom. 2008. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Refika Aditama

Suparno, Paul, DR. 2004, Pendidikan dan Peran Guru, Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Suwantoro, Darwis. 2001. Perilaku Manajemen Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Tjokrodiharjo. 2003. Belajar Berpasangan. Jakarta: Rieneka Cipta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Widjojo, Sapto. 1997. Manajemen dan Organisasi. Makassar: Fajar Press




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i2.7953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)