UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI PADA SDN 12 ATTASSALO TENTANG NILAI-NILAI PANCASILA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD
Abstract
Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran STAD.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, prestasi belajar, dan sikap positif siswa kelas VI pada SDN 12 Attassalo dalam pembelajaran Pkn.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 12 Attassalo pada siswa kelas VI semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penenerapan model pembelajaran Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VI pada SDN 12 Attassalo Tahun 2018/2019 tentang Nilai-Nilai Pancasila dengan Menerapkan Model Pembelajaran STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VI pada SDN 12 Attassalo dalam materi nilai-nilai Pancasila, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung
Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Darwyan Syah, M.Pd. M. SI, dkk. 2009, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Diadit Media.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang – ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.
Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook, alih bahasa oleh Rahmani Astuti. Bandung: Mizan Pustaka.
Rusyan, T dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya
Sarjan. 2012. Aku Bangga Menjadi Warga Negara. Solo: Platinum
Setiawan, Dedi. 2009. Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila. Bandung: Pelita Ilmu.
Usman, M.U. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Russeffendi (2006:208), Makhluk Hidup. Jakarta : PT. Pustaka Dela Pratasa.
Sudarman, 2002, Berbagai Metode dalam pengajaran, Bandung. CV. Pustaka Pelajar
Tarigan, 2011. Pragmati. Jakarta: Gramedia.
Wermke et al, 2007. Gesamtheit. Alih bahasa Gatot Wijaya. Jakarta: Pustaka Jaya.
Yohanes, 1991. Penelitian Tindakan Kelas. UT.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i1.7952
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
View My Jurnal Kependidikan Media Stats
Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)