UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI PADA SDN 12 ATTASSALO TENTANG NILAI-NILAI PANCASILA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD

Syamsiah Syamsiah

Abstract


Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran STAD.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  meningkatkan pemahaman, prestasi belajar, dan sikap positif siswa kelas VI pada SDN 12 Attassalo dalam pembelajaran Pkn.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 12 Attassalo pada siswa kelas VI semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penenerapan model pembelajaran Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VI pada SDN 12 Attassalo Tahun 2018/2019 tentang Nilai-Nilai Pancasila dengan Menerapkan Model Pembelajaran STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VI pada SDN 12 Attassalo dalam materi nilai-nilai Pancasila, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran.

 


Full Text:

PDF

References


Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung

Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Darwyan Syah, M.Pd. M. SI, dkk. 2009, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Diadit Media.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang – ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook, alih bahasa oleh Rahmani Astuti. Bandung: Mizan Pustaka.

Rusyan, T dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Sarjan. 2012. Aku Bangga Menjadi Warga Negara. Solo: Platinum

Setiawan, Dedi. 2009. Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila. Bandung: Pelita Ilmu.

Usman, M.U. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Russeffendi (2006:208), Makhluk Hidup. Jakarta : PT. Pustaka Dela Pratasa.

Sudarman, 2002, Berbagai Metode dalam pengajaran, Bandung. CV. Pustaka Pelajar

Tarigan, 2011. Pragmati. Jakarta: Gramedia.

Wermke et al, 2007. Gesamtheit. Alih bahasa Gatot Wijaya. Jakarta: Pustaka Jaya.

Yohanes, 1991. Penelitian Tindakan Kelas. UT.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i1.7952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)